Rabu 20 Jul 2022 10:32 WIB

CEO Muenchen Semringah Usai Mengambil Matthjis de Ligt dari Tangan Juventus

De Ligt diketahui menjadi satu-satunya pemain di skuad Muenchen yang berposisi bek.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Matthijs De Ligt
Foto: EPA-EFE/GABRIELE MENIS
Matthijs De Ligt

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen mengumumkan secara resmi perekrutan Matthjis de Ligt dari Juventus. Bek tengah asal Belanda itu direkrut dengan biaya transfer mencapai 68 juta poundsterling, yang terdiri dari 59,5 juta poundsterling sebagai nilai transfer dan potensi bonus sebesar 8,5 juta poundsterling.

Di Muenchen, De Ligt diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun. Bek tengah berusia 22 tahun itu tercatat menjadi rekrutan keempat Die Bayern pada jendela transfer musim panas kali ini. 

Baca Juga

Sebelumnya, juara bertahan Bundesliga itu telah merampungkan kepindahan Sadio Mane, Ryan Gravenberch, dan Noussair Mazraoui. Direktur Eksekutif Muenchen, Oliver Kahn, dalam usia relatif muda, De Ligt telah membuktikan kemampuannya sebagai salah satu bek kelas dunia. 

Tidak hanya soal kemampuan teknik, mantan kapten Ajax Amsterdam itu juga telah menunjukan kualitas kepemimpinan di jantung pertahanan. Dengan sederet kualitas yang dimiliki De Ligt ini, Kahn cukup yakin, Muenchen telah meningkatkan kualitas di lini pertahanan. 

''Tim yang kuat tidak hanya tajam saat menyerang. Dengan perekrutan ini, kami telah meningkatkan kualitas dan level pertahanan di level yang lebih tinggi,'' ujar Kahn seperti dilansir laman resmi Muenchen, Rabu (20/7/2022). 

De Ligt diketahui menjadi satu-satunya pemain di skuad Muenchen, yang saat ini berposisi asli sebagai bek tengah. Die Bayern memang telah memiliki Dayot Upamecano dan Lucas Hernandez. 

Namun, dua pemain itu juga diketahui bisa diturunkan sebagai gelandang bertahan. Dari segi posisi bermain, De Ligt merupakan pengganti langsung dari Nicklas Sule, yang hengkang dengan status /gratis ke Borussia Dortmund. 

Dalam tiga musim terakhir memperkuat Juventus, De Ligt tercatat telah mengemas 117 penampilan dan menyumbang delapan gol di semua ajang. Satu gelar Scudetto dan satu titel Coppa Italia mampu dipersembahkan oleh De Ligt buat Si Nyonya Tua. 

Sementara Direktur Olahraga Muenchen, Hasan Salihamidzic, mengakui, Muenchen sebenarnya sudah mengincar De Ligt saat masih mengenakan seragam Ajax pada tiga tahun lalu atau pada 2019 silam. Namun, saat itu, Die Bayern gagal bersaing dengan Juventus dalam mengamankan tanda tangan bek tengah timnas Belanda tersebut. Gaya permainan dan karakter De Ligt di atas lapangan, tutur Salihamidzic, cocok dan sesuai dengan upaya Muenchen untuk memenuhi ambisi pada musim depan. 

''Dia akan memainkan peran penting di dalam dan di luar lapangan. Dia sudah menjadi pemimpin dalam usia muda di Ajax. Dalam usia 22 tahun, dia masih bisa mengembangkan kemampuannya,'' kata Salihamidzic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement