Rabu 20 Jul 2022 09:38 WIB

Sangat Langka! Ilmuwan Temukan Lubang Hitam Misterius yang tidak Aktif

Lubang hitam ini tidak memancarkan radiasi sinar-X yang kuat.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Lubang Hitam (ilustrasi)
Foto: id.wikipedia.org
Lubang Hitam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah lubang hitam yang tidak aktif dan tampak terbentuk tanpa ledakan bintang mati telah ditemukan di galaksi dekat Bima Sakti. Oleh para ilmuwan, temuan ini seperti menemukan "jarum di tumpukan jerami" kosmik.

Menurut para peneliti, lubang hitam ini unik dari yang lain karena lubang hitam ini tidak memancarkan radiasi sinar-X yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa ia sedang menyedot materi di dekatnya dengan tarikan gravitasinya yang kuat, dan itu tidak diciptakan dalam ledakan bintang yang dikenal sebagai supernova.

Baca Juga

Lubang hitam adalah objek yang sangat padat dengan gravitasi yang sangat kuat yang bahkan mencegah cahaya keluar.

Objek ini, yang berjarak sekitar 160.000 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa setidaknya sembilan kali lipat dari matahari, ditemukan di wilayah Nebula Tarantula di galaksi Awan Magellan Besar. 

Bintang biru yang sangat terang dan menyala-nyala yang besarnya sekitar 25 kali massa matahari mengorbit lubang hitam ini. Nama sistem biner ini adalah VFTS 243. 

Menurut para peneliti, bintang pendamping suatu hari nanti mungkin juga berkembang menjadi lubang hitam dan bergabung dengan yang utama.

Dianggap agak tersebar luas, lubang hitam yang tidak aktif sulit ditemukan mereka jarang berinteraksi dengan lingkungan mereka. 

Dengan penelitian lebih lanjut, banyak opsi yang disajikan sebelumnya telah dibantah, termasuk oleh tim yang menemukan opsi ini. "Tantangannya adalah menemukan objek-objek itu," kata Tomer Shenar, seorang peneliti astronomi di Universitas Amsterdam, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy. 

"Ini adalah objek pertama dari jenisnya yang ditemukan setelah para astronom mencari selama beberapa dekade," kata astronom dan rekan penulis studi Kareem El-Badry dari Harvard & Smithsonian Center for Astrophysics.

Lubang hitam memiliki berbagai kategori. Lubang hitam terkecil, termasuk yang terbaru ini, dikenal sebagai lubang hitam bermassa bintang. Lubang hitam jenis ini tercipta ketika bintang individu besar bertabrakan di akhir kehidupan mereka. 

Selain itu ada katagori lubang hitam supermasif besar yang ditemukan di pusat sebagian besar galaksi. Ada juga lubang hitam bermassa menengah. Biasanya dianggap bahwa ledakan supernova yang kuat mendahului penggabungan bintang-bintang besar menjadi lubang hitam. Dalam contoh ini, sebuah bintang dengan massa sekitar 20 kali massa matahari kita melemparkan sebagian materinya ke luar angkasa pada saat-saat terakhirnya sebelum runtuh ke dalam tanpa menyebabkan ledakan.

Shenar mencatat bahwa jika supernova telah terjadi, kekuatan ledakan akan mendorong lubang hitam yang baru dihasilkan ke arah yang sembarangan menghasilkan orbit elips daripada orbit lingkaran.

Lubang hitam berpotensi menjadi lapar tanpa ampun, memakan materi apa pun yang mengembara ke medan gravitasinya, termasuk gas, debu, dan bintang.

"Lubang hitam hanya bisa menjadi rakus tanpa ampun jika ada sesuatu yang cukup dekat dengan mereka sehingga mereka dapat melahapnya. Biasanya, kami mendeteksi mereka jika mereka menerima materi dari bintang pendamping, sebuah proses yang kami sebut akresi," kata Bodensteiner.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement