Selasa 19 Jul 2022 19:55 WIB

Ini yang Terjadi Apabila Terlalu Banyak Makan Acar

Acar menjadi salah satu camilan favorit saat menjalankan diet.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Acar menjadi salah satu camilan favorit saat menjalankan diet.
Foto: Flickr
Acar menjadi salah satu camilan favorit saat menjalankan diet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut LiveStrong, acar adalah pilihan camilan penting untuk diet karena rendah kalori. Namun, apa yang terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi acar?

Istilah acar hanya menggambarkan proses pengawetan melalui cairan asam. Pada dasarnya setiap buah atau sayuran yang direndam ke dalam cairan asam untuk pengawetan, seperti kimchi, dianggap sebagai acar. Namun, asosiasi paling umum dari istilah acar mengacu pada mentimun asin yang memiliki rasa tajam.

Baca Juga

Acar dapat dibuat dengan menggunakan proses fermentasi yang dapat menciptakan rasa asam karena proses tersebut memecah komposisi kimia dari mentimun. Metode alternatif yang biasa digunakan oleh juru masak rumahan adalah dengan menggunakan larutan cuka dan garam. 

Berikut ini yang terjadi pada tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi acar, seperti dilansir dari laman Health Digest, Selasa (19/7/2022).

Acar dikenal karena rasanya yang asam dan asin, tetapi kandungan natrium dalam porsi rata-rata mungkin mengejutkan. Menurut Health, satu tombak acar dill mengandung lebih dari 300 miligram sodium.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), batas yang direkomendasikan untuk asupan natrium untuk orang dewasa yang sehat adalah 2.300 miligram per hari. Anda harus memperhatikan label fakta nutrisi mereka.

Diet dengan terlalu banyak garam atau natrium berbahaya. Dokter merekomendasikan untuk mengurangi asupan garam harian Anda bahkan jika Anda sehat.

"Terlalu banyak garam dalam diet harian Anda dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal," menurut WebMD.

Tingkat natrium yang tinggi, bila dipertahankan setiap hari, juga dapat melemahkan tulang dan berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

 

Gangguan pencernaan

Acar juga dapat menyebabkan beberapa gangguan pencernaan ringan seperti gas dan kembung. Mentimun memang ada dalam daftar makanan yang dapat menyebabkan gas pada beberapa individu. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar, acar dapat menyebabkan Anda menjadi  kembung dan perut mengandung gas.

Hal ini disebabkan reaksi pada individu terhadap cucurbitacin kimia. Menurut Canadian Academy of Sports Nutrition, cucurbitacin adalah alkaloid yang diproduksi oleh tanaman tertentu dalam upaya untuk melindungi diri dari penyakit. Untuk beberapa individu, alkaloid ini menyebabkan gangguan usus yang menghasilkan produksi gas yang dapat menyebabkan diare, bersendawa atau kembung.

 

Maag

Sakit maag bisa membuat perut dan kerongkongan Anda terasa seperti terbakar. Salah satu faktor penyebabnya karena terlalu banyak asam.

Acar yang kaya akan bakteri usus yang sehat dapat membantu meringankan mulas. 

Sebagian besar acar yang diproduksi secara komersial telah dipasteurisasi, yang menghilangkan bakteri sehat (atau tidak sehat).

Faktanya, acar yang dibuat dalam cuka hanya dapat memperburuk gejala Anda. Mulas sering merupakan respons terhadap makanan asam, termasuk makanan yang dibuat dengan cuka.

 

Rasa haus yang meningkat

Makanan asin bisa membuat Anda lebih haus daripada sebelumnya. Ini adalah salah satu area di mana perbedaan antara acar yang difermentasi dan yang diproses dalam larutan air garam tidak signifikan. Akibat langsung dari peningkatan natrium, diet dengan terlalu banyak acar dapat membuat Anda merasa putus asa untuk memuaskan dahaga Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement