Senin 18 Jul 2022 19:47 WIB

BMH-SAR Hidayatullah Bantu Korban Banjir dan Longsor Garut

Masyarakat terdampak banjir dan longsor masih sangat membutuhkan bantuan.

BMH bersama SAR Hidayatullah Jabar membantu korban banjir dan longsor Garut sejak Ahad (17/7/2022).
Foto: Dok BMH
BMH bersama SAR Hidayatullah Jabar membantu korban banjir dan longsor Garut sejak Ahad (17/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bergerak cepat menerjunkan tim evakusi bersama SAR Hidayatullah untuk membantu proses penanganan musibah banjir yang melanda Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, sejak Ahad (17/7/2022), tim telah turun ke lokasi banjir dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat terdampak musibah banjir dan longsor di Garut, Jabar,” terang Kepala Divisi Program & Pemberdayaan BMH Perwakilan Jawa Barat, Ona Satria dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (18/7/2022).

Berdasarkan laporan tim lapangan,  masyarakat terdampak memerlukan beberapa jenis kebutuhan mendesak, seperti sembako, air mineral, makanan, perlengkapan bayi, alat kebersihan, terpal dan selimut.

"Tim telah tiba di lokasi saat itu, yakni di Desa Suci, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Karena air sudah mulai surut tim fokus ke pembersihan. Sebanyak 10 rumah telah dibantu pembersihan oleh relawan BMH. Awalnya  banjir melanda air sampai pada ketinggian 3 meter di Desa Suci ini. Alhamdulillah masyarakat mulai kembali ke kediamannya untuk pembersihan, walaupun masih waspada karena masih potensial turun hujan," jelas Ona.

Atas kesigapan tim BMH dan SAR Hidayatullah Jabar,  warga mengaku sangat bersyukur. "Alhamdulillah, terima kasih BMH dan teman-teman SAR Hidayatullah yang membantu membersihkan rumah dan lingkungan kami di sini," ungkap seorang warga, Pak Mumun (65).

Pada kesempatan itu BMH juga mengirimkan bantuan berupa air mineral, mi  instan, makanan ringan, dan jenis minuman yang biasa warga konsumsi, seperti teh, kopi dan susu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement