Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Hasil Survei LANSKAP Ungkap tak Ada yang Istimewa Kebijakan Pemprov Jateng

Selasa 19 Jul 2022 03:06 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agus raharjo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan pengecekan harga bahan pokok di pasar Purwokerto, Senin (18/7/22).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan pengecekan harga bahan pokok di pasar Purwokerto, Senin (18/7/22).

Foto: Pemkab Banyumas
Kepuasan publik terhadap pemerintahan provinsi di Jatim lebih tinggi dari Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei lembaga LANSKAP terbaru mengungkapkan penilaian publik terhadap kinerja pemerintah di dua wilayah, Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng). Secara umum sentimen publik Jateng dan Jatim, terhadap pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam enam bulan terakhir (Januari-Juni 2022) positif. Namun kepuasan publik hasil kinerja pemerintah daerah (Pemda) berbeda.

Direktur Eksekutif LANSKAP, Mochammad Thoha mengungkapkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah pusat berada di atas 50 persen. Apresiasi positif publik Jateng terhadap pemerintah pusat, sedikit lebih tinggi dari Jatim. Menurut dia, hal itu mungkin terjadi karena ada kedekatan emosional dimana Jateng merupakan basis utama PDI Perjuangan dan pendukung Jokowi.

Baca Juga

"Hal berbeda kita dapatkan bagi pemerintahan Provinsi. Bahwa dalam enam bulan terakhir, apresiasi publik Jateng rendah (ke Pemprov Jateng) karena di bawah 50 persen. Mayoritas atau 40,7 persen publik di Jateng memandang kinerja Pemprov dalam enam bulan terakhir Biasa Saja," papar Thoha dalam pemaparan hasil Survei LANSKAP, Senin (18/7/2022).

Ia mengatakan publik yang disurvei di provinsi ini memandang tidak ada sesuatu yang istimewa di Jateng dalam jangka enam bulan tersebut. "Pemerintahan berjalan seperti biasanya. Meskipun begitu ada 39,7 persen publik yang menjawab Puas, dan yang menjawab Tidak Puas 15,1 persen," ujarnya.

Sementara itu, sentimen berbeda ditunjukkan publik Jatim terhadap kinerja pemerintah provinsi Jatim. Ada 45,3 persen yang menyatakan puas. Terpaut cukup jauh atau berselisih 31,3 persen dengan yang menyatakan tidak puas 14,0 persen. Ada 37,7 persen publik yang menjawab Biasa Saja terhadap pemerintahan provinsi Jatim.

"Singkatnya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Provinsi di Jatim cenderung lebih tinggi daripada di Jateng," ujar Thoha.

Survei LANSKAP ini adalah hasil survei temuan dari masing-masing provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sampel yang dicuplik dari masing-masing provinsi adalah 880 responden dengan menggunakan teknik multistage random sampling.

Survei ini berada di posisi margin of error ± 3,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei merupakan data temuan yang dikumpulkan melalui wawancara tatap muka dalam rentang waktu mulai 29 Juni hingga 8 Juli 2022.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA