Senin 18 Jul 2022 12:20 WIB

Zelenskyy Pecat Kepala Keamanan dan Jaksa Agung

651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap pejabat penegak hukum.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
 Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Zelenskyy memecat Kepala Keamanan Negara Ivan Bakanov dan Jaksa Agung Iryna Venediktova pada Ahad (17/7/2022).
Foto: AP/Andrew Kravchenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Zelenskyy memecat Kepala Keamanan Negara Ivan Bakanov dan Jaksa Agung Iryna Venediktova pada Ahad (17/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, VINNYTSIA -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memecat Kepala Keamanan Negara Ivan Bakanov dan Jaksa Agung Iryna Venediktova pada Ahad (17/7/2022). Pemecatan ini beralasan akibat pengkhianatan dan kolaborasi oleh orang-orang di dalam departemen dan lembaga penegak hukum lainnya.

"Secara khusus, lebih dari 60 pegawai kantor kejaksaan dan SBU (dinas keamanan negara) tetap berada di wilayah pendudukan dan bekerja melawan negara kita," kata Zelenskyy.

Baca Juga

Zelenskyy mengatakan, 651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap pejabat penegak hukum. Banyaknya kasus pengkhianatan mengungkapkan tantangan besar infiltrasi Rusia saat Ukraina memerangi Rusia dalam perjuangan untuk bertahan hidup.

"Serangkaian kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional negara, dan hubungan yang tercatat antara pasukan keamanan Ukraina dan layanan khusus Rusia menimbulkan pertanyaan yang sangat serius tentang pemimpin mereka masing-masing,” katanya dalam pidato video malam hari.

Zelenskyy mencatat penangkapan baru-baru ini atas dugaan pengkhianatan mantan kepala SBU yang mengawasi wilayah Krimea, semenanjung yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014. Dia mengatakan, telah memecat pejabat tinggi keamanan pada awal invasi, sebuah keputusan yang dikatakan sekarang terbukti dapat dibenarkan.

"Bukti yang cukup telah dikumpulkan untuk melaporkan orang ini atas dugaan makar. Semua kegiatan kriminalnya didokumentasikan," kata  Zelenskyy.

Zelenskyy memecat Bakanov yang merupakan teman masa kecilnya dan mantan mitra bisnis yang ditunjuknya untuk mengepalai SBU. Bakanov mendapat kecaman atas pelanggaran keamanan sejak perang dimulai. Politico bulan lalu mengutip beberapa sumber Ukraina dan Barat yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Zelenskyy ingin menggantikannya.

Presiden juga memberhentikan Venediktova dan menggantikannya dengan Wakil Jaksa Agung Oleksiy Symonenko. Venediktova telah membantu memimpin penyelidikan kejahatan perang. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement