Senin 18 Jul 2022 09:43 WIB

Mengenal Masjid Al Jum'ah, Tempat Nabi Muhammad Sholat Jumat Pertama

Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jum'ah.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jum'ah.
Foto: Arab News
Nabi Muhammad sholat jumat pertama kali di Masjid Al Jum'ah.

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Sebagai situs sejarah yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam, saat ini terlihat sejumlah pengunjung yang datang untuk menunaikan shalat.

Melansir laman arabnews.com, terletak di barat daya Madinah, dekat Wadi Ranuna, 900 meter di utara Masjid Quba dan enam kilometer dari Masjid Nabawi.

Baca Juga

Masjid ini dibangun dengan batu awalnya kemudian dihancurkan dan direnovasi beberapa kali. Sebelum perluasan terakhir, masjid dibangun di atas gundukan kecil, dengan satu kubah terbuat dari batu bata merah. Kemudian dibangun kembali dan diperluas untuk menampung 650 jamaah.

Masjid ini juga memiliki sebuah menara, sebuah kubah utama di tengah area sholat dan empat kubah kecil di sisi-sisinya. Madinah adalah  kota suci bagi sejumlah masjid dan situs Islam bersejarah, tujuan wisata yang sesungguhnya di mana pengunjung dapat menjelajahi tempat-tempat dari kehidupan Nabi Muhammad.

 

Masjid Al Jum'ah adalah salah satu masjid yang terletak di Madinah. Masjid ini terkait dengan hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Masjid adalah tempat Nabi singgah di wilayah Wadi Ranuna dan melaksanakan shalat Jum'at.

Masjid Al-Jum'ah memiliki nama yang berbeda, seperti Masjid Al-Wadi dan Masjid Atikah.

https://www.arabnews.com/node/2124106/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement