Ahad 17 Jul 2022 23:40 WIB

Haruskah Berhenti Membaca Alquran Saat Adzan Berkumandang?   

Mendengarkan adzan merupakan salah satu sunnah yang utama

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Muadzin mengumandangkan adzan di Masjid Al-Ikhlas Jatipadang (ilustrasi), Mendengarkan adzan merupakan salah satu sunnah yang utama
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Muadzin mengumandangkan adzan di Masjid Al-Ikhlas Jatipadang (ilustrasi), Mendengarkan adzan merupakan salah satu sunnah yang utama

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Terkadang karena ingin mengejar target bacaan Alquran atau sedang mengulang hafalan ayat, banyak Muslim yang menyempatkan membaca Alquran di berbagai situasi. 

 

Baca Juga

Ada yang menyempatkan membaca Alquran saat naik transportasi umum, usai sholat fardu atau bahkan saat adzan sedang dikumandangkan.  

 

Sebuah diskusi daring dari Lembaga Fatwa Mesir, Dar Al Ifta kemudian membahas tentang hukum membaca Alquran saat adzan berkumandang. Bolehkah terus melanjutkan bacaan Alquran saat muadzin mengumandangkan Adzan? Ataukah harus berhenti? 

 

Dilansir dari Elbalad, Ahad (17/7/2022), anggota Fatwa Dar Iftaa Mesir, Dr Mahmoud Shalaby mengatakan, seorang Muslim wajib menghentikan bacaan Alquran ketika dia mendengar adzan. Saat adzan, sangat dianjurkan untuk menjawab adzan terlebih dahulu. 

 

"Panggilan adzan adalah ibadah yang waktunya terbatas, sementara tilawah dan dzikir adalah ibadah yang waktunya tidak terbatas. Kita harus memperhatikan waktunya," terangnya. 

 

Dia menambahkan, kondisi ini seperti seseorang yang meninggalkan sholat jamaah dengan imam, untuk melaksanakan sholat sunnah. Jadi menurutnya harus mendahulukan amalan wajib berdasarkan waktunya.  

 

"Anda di sini membaca Alquran dan adzan dikumandangkan. Yang utama dilakukan adalah menjawab adzan dan berhenti membaca Alquran, karena adzan di sini ada waktunya. 5 menit, misalnya. Dan kemudian Anda akan mendapat waktu yang luas (untuk membaca Alquran)," tuturnya.  

 

Sependapat dengan Dr Mahmoud, anggota Dar Ifta lainnya, Dr Muhammad Abd al-Sami mengatakan memang lebih baik memberhentikan bacaan dan memulai menjawab adzan. "Ini (adzan) adalah waktu karena Allah SWT memerintahkan kita untuk mengulang di belakang muadzin. Ini adalah ibadah yang waktunya singkat, jadi kita harus melakukannya," katanya. Alkhaledi kurnialam    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement