Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Ciri-Ciri Orang Kena Omicron BA.4 dan BA.5

Senin 18 Jul 2022 00:20 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Subvarian omicron BA.4 dan BA.5 merupakan infeksi yang lebih virulen, membuat penderita Covid-19 merasakan gejala yang lebih banyak.

Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Subvarian omicron BA.4 dan BA.5 merupakan infeksi yang lebih virulen, membuat penderita Covid-19 merasakan gejala yang lebih banyak.

Foto: Pixabay
Ada 5 gejala yang paling banyak dikeluhkan terkait subvarian omicron BA.4 dan BA.5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subvarian omicron BA.4 dan BA.5 tampak memunculkan gejala Covid-19 yang tak begitu berbeda dibandingkan varian BA.2. Namun, kedua subvarian ini kerap membuat penderita Covid-19 merasakan gejala yang lebih banyak.

"Ini merupakan infeksi yang lebih virulen," jelas dokter kesehatan masyarakat dari Chicago, Dr Allison Arwady, seperti dilansir laman Express.co.uk, Ahad (17/7/2022).

Baca Juga

Dr Arwady mengatakan subvarian omicron BA.4 dan BA.5 cenderung lebih banyak memunculkan gejala yang memengaruhi saluran pernapasan atas atau gejala yang mirip dengan flu dan pilek. Beberapa dari gejala tersebut adalah demam, keringat di malam hari, dan nyeri tenggorokan.

Berkaitan dengan hal ini, Inggris mencatat ada lima gejala Covid-19 yang paling banyak dikeluhkan saat subvarian omicron BA.4 dan BA.5 melanda. Berikut ini adalah lima gejala tersebut?

1. Hidung beringus

2. Nyeri tenggorokan

3. Sakit kepala

4. Batuk persisten

5. Lelah

Di samping gejala-gejala tersering, ada pula beberapa gejala Covid-19 lain yang cukup sering dikeluhkan. Gejala tersebut di antaranya adalah kehilangan nafsu makan, diare, mual atau muntah, demam atau menggigil, hidung tersumbat, serta badan pegal-pegal.

Gejala kehilangan indra perasa dan penciuman juga tampak mulai kembali dikeluhkan. Namun, hanya sebagian pasien saja yang mengalami gejala ini.

Tren gejala Covid-19 ini diketahui melalui data yang dihimpun oleh Zoe Covid Symptom Study di Inggris. Data ini berasal dari laporan mandiri para pasien Covid-19 melalui aplikasi Zoe.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA