Ahad 17 Jul 2022 18:57 WIB

5 Camilan Sehat untuk Dikonsumsi 

Camilan sehat dapat membantu Anda mengontrol rasa lapar secara efektif selama sehari

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Yogurt, camilan sehat dan menyegarkan (ilustrasi)
Yogurt, camilan sehat dan menyegarkan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Konsumsi makan berat selama hari kerja yang sibuk itu tidak mudah. Kadang, Anda harus mengganjal dahulu perut Anda dengan camilan.

Dilansir dari cnbc pada Kamis (14/7/2022), makanan ringan tidak boleh menggantikan makanan berat. Namun, makanan ringan sering kali diperlukan untuk menahan Anda sampai Anda bisa beristirahat. 

Baca Juga

Makan setiap tiga hingga empat jam dapat menjaga gula darah Anda stabil, yang dapat mencegah masalah kesehatan yang parah seperti jantung.  Ini juga dapat membantu Anda mengontrol rasa lapar secara efektif selama sehari penuh.

Namun, Anda harus menemukan camilan yang enak dan relatif sehat. Banyak camilan populer yang sarat dengan natrium dan gula berlebih. Mengonsumsi makanan jenis itu dalam jumlah sedikit mungkin tidak masalah, tapi Anda mungkin perlu mengonsumsi camilan lain yang lebih sehat. 

Berikut lima camilan sehat yaitu :

1. Buah-buahan dengan selai kacang  

Memasangkan buah favorit Anda dengan selai kacang atau keju seperti irisan apel dengan selai kacang atau buah beri dengan keju bisa menjadi sumber protein yang bagus untuk membantu mengekang rasa lapar Anda di tengah hari.  

2. Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki dua manfaat utama. Keduanya memiliki banyak protein dan mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Biji chia dan biji rami adalah cara terbaik, terutama di samping beberapa yogurt  rendah lemak.  Kedua jenis biji tersebut mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol Anda.  Protein dari yogurt membuat cemilan yang cukup mengenyangkan.

3. Snack Bar

Snack bar adalah suguhan cepat dan mudah untuk dibawa. Snack bar tidak kedaluwarsa secepat makanan lain, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpannya. Pilihannya berkisar dari batangan granola hingga batang ara. 

4. Sayuran dan Roti

Sayuran atau makanan berbasis roti seperti biskuit atau roti pita dapat menghasilkan kombinasi lemak, protein, karbohidrat dan serat yang sehat untuk jantung.

Karbohidrat dan protein dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil. Potasium dalam sayuran dapat membantu tubuh Anda mengatur cairan yang dibutuhkan untuk berfungsi.

Jika digabungkan, kombinasi tersebut dapat memuaskan rasa lapar Anda untuk sementara waktu.  

5. Air

Terkadang, otak atau perut Anda mungkin memberi tahu Anda bahwa Anda lapar. Padahal, pada kenyataannya, Anda mungkin hanya membutuhkan air. Anda sebaiknya minum lebih dulu sebelum mulai ngemil untuk memeriksa apakah Anda benar-benar lapar atau hanya haus.

Jika Anda masih lapar setelah minum air, dapatkan camilan. Anda mungkin membutuhkannya. Jika Anda ingin membuat air Anda tidak terlalu tawar tambahkan buah atau sayuran ke dalamnya. Tambahan seperti mentimun, lemon atau mint dapat memberikan rasa ekstra yang Anda inginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement