Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Dukung Digitalisasi, Jalin dan Bank Mandiri Taspen Perkuat Solusi Perbankan Tepercaya

Sabtu 16 Jul 2022 19:27 WIB

Red: Agus Yulianto

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) mengambil peranan tersebut dengan turut mendukung PT Bank Mandiri Taspen dalam menghadirkan solusi layanan digital.

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) mengambil peranan tersebut dengan turut mendukung PT Bank Mandiri Taspen dalam menghadirkan solusi layanan digital.

Foto: Istimewa
Jalin memberikan dukungan terhadap penyediaan infrastruktur keuangan digital.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI - - Perluasan dan kemudahan akses layanan keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terus menunjukkan peningkatan, utamanya disebabkan oleh digitalisasi. Hal tersebut mendorong inovasi yang ditawarkan pelaku jasa perbankan untuk mendukung rencana Pemerintah dalam mencapai target inklusi keuangan sebesar 90 persen di tahun 2024 nanti.

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) mengambil peranan tersebut dengan turut mendukung PT Bank Mandiri Taspen dalam menghadirkan solusi layanan digital. Diketahui dalam gelaran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan di Bali sejak 11-15 Juli 2022 ini, Jalin dan Bank Mandiri Taspen juga sepakat mengembangkan layanan baru terkait produk digital services seperti layanan integrasi issuer untuk pembayaran lewat Jalin Payment Integrator, tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal), dan layanan directory server untuk pemrosesan transaksi kartu GPN di merchant online menggunakan teknologi 3D secure (Jalin Verifi3D) yang dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU).

Direktur Utama Jalin Boyke Yurista menyatakan, Jalin memberikan dorongan kepada industri dengan menjalin sinergi di dalam ekosistem finansial dan non-finansial untuk mewujudkan inklusi keuangan. Sebagai lembaga Penyelenggara Sistem Infrastruktur Pembayaran (PIP), Jalin juga memberikan dukungan kepada seluruh member agar berfokus dalam memberikan layanan kepada seluruh nasabahnya.

“Kami mendukung industri perbankan maupun fintech dalam menghadirkan kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh nasabahnya lewat infrastruktur sistem pembayaran yang robust dan prudent.” ujar Boyke dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/7/2022). 

Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama juga mengapresiasi dukungan Jalin terhadap rencana besar Bank Mandiri Taspen dalam memberikan solusi layanan perbankan digital kepada nasabah existing dan potential kedepannya. “Bank Mandiri Taspen melihat sinergi perusahaan merah putih ini sebagai potensi yang menjadi daya dorong Perseroan untuk menjadi penyedia layanan produk digital serta kesiapan beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital di dalam dunia perbankan,” ungkap Maswar.

Sebelumnya, Bank Mandiri Taspen sudah tergabung sebagai member Jalin untuk mengakomodir layanan transaksi di mesin ATM maupun melalui kartu debit di mesin EDC merchant yang terafiliasi oleh Himbara. Saat ini, Bank Mandiri Taspen juga tengah mengembangkan layanan mobile banking dengan fitur transaksi melalui QRIS dengan didukung Jalin sebagai lembaga PIP terpercaya saat ini.

“Jalin memberikan dukungan terhadap penyediaan infrastruktur keuangan digital sebagai cita-cita untuk mewujudkan rencana besar Pemerintah lewat Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. Dengan mengembangkan sejumlah inovasi produk dan layanan serta langkah adaptif mengikuti dinamika perkembangan zaman, kami yakin dapat mewujudkan inklusi keuangan lewat implementasi roadmap The National Digital Highway," pungkas Boyke saat menutup keikutsertaan Jalin dalam gelaran FEKDI 2022. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA