Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Pemkab Kebumen Salurkan Puluhan Alat dan Mesin Pertanian pada Gapoktan

Jumat 15 Jul 2022 19:35 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (tengah) dan Anggota Komisi IV DPR RI Krt Darori Wonodipuro (kiri) menyerahkan alsintan kepada Gapoktan di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (14/7/22).

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (tengah) dan Anggota Komisi IV DPR RI Krt Darori Wonodipuro (kiri) menyerahkan alsintan kepada Gapoktan di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (14/7/22).

Foto: Dok. Pemkab Kebumen
DPR mengupayakan adanya bantuan pertanian dari pemerintah pusat untuk kemajuan petani

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN--Pemkab Kebumen menyalurkan puluhan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Kebumen.

Penyerahan bantuan hibah Alsintan dilakukan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Anggota Komisi IV DPR RI Krt Darori Wonodipuro di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (14/7/22).

Baca Juga

Bupati menyatakan bantuan Alsintan diberikan kepada petani mengingat lahan pertanian di Kebumen sangat luas, sementara alat yang dimiliki petani belum memadai.

"Pemberian hibah bantuan alsintan merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah pusat dan pemerintah daerah terhadap kemajuan sektor pertanian di Kebumen agar petani bisa semakin produktif menggarap lahan dan semakin sejahtera hidupnya," ujar Bupati dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (15/7/2022).

Bupati menuturkan, penggunaan alsintan akan menambah volume capaian kinerja petani, mempercepat masa kerja baik masa pengolahan tanah, panen maupun pascapanen, mengurangi biaya operasional, mengatasi kekurangan tenaga kerja, dan bisa memperbaiki kualitas hasil pertanian.

Ia menyebut ada puluhan alsintan yang dibagikan kepada para petani. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kebumen alsintan yang dibagikan, yang diambil dari anggaran APBD Kebumen, yakni traktor roda empat sebanyak 1 unit diserahkan kepada 1 poktan di Kecamatan Puring.

Traktor roda dua 8,5 PK sebanyak 21 unit diserahkan kepada 19 poktan/gapoktan di 19 kecamatan yaitu Bonorowo (3 unit), Sruweng (1 unit ), Karanganyar (4 unit), Buayan (1 unit), Rowokele (2 unit), Ambal (3 unit), Prembun (1 unit), Puring (3 unit), dan Adimulyo (1 unit).

Traktor roda dua 6,5 PK sebanyak lima unit diserahkan kepada lima poktan/gapoktan di empat kecamatan yaitu Ayah (1 unit), Alian (1 unit), Poncowarno (1 unit), Karanggayam (1 unit) dan Sadang (1 unit).

Pompa Air 6 inch sebanyak lima unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di empat kecamatan yaitu Gombong (1 unit), Petanahan (1 unit), Puring (1 unit) dan rowokele (1 unit). Pompa Air 4 inch sebanyak empat unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di dua kecamatan yaitu Gombong (1 unit) dan Adimulyo (3 unit).

Pompa Air 3 inch sebayak 20 unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di 16 kecamatan yaitu Puring, Gombong, Petanahan, Karanggayam, Buluspesantren, Rowokele, Pejagoan, Sruweng, Poncowarno, Ambal, Kebumen, dan Padureso masing-masing satu unit serta Buayan, Prembun, Alian dan Bonorowo masing-masing dua unit.

Lalu ada juga handsprayer sebanyak 83 unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di 10 kecamatan yaitu Kebumen (20 unit), Ayah (5 unit), Buayan (5 unit), Puring (14 unit), Rowokele (5 unit), Prembun (15 unit), Buluspesantren (5 unit), Bonorowo (5 unit), Poncowarno (5 unit), Sadang (4 unit)

Kemudian ada Power thresser sebanyak dua unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di dua kecamatan yaitu Ambal (1 unit) dan Petanahan (1 unit). Dan terakhir corn sheller sebanyak dua unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di 2 kecamatan yaitu Karanggayam (1 unit) dan Puring (1 unit).

Adapun bantuan alsintan yang datang dari Kementerian Pertanian, yakni ada traktor roda dua 8,5 PK sebanyak 15 unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di 10 kecamatan yaitu Poncowarno (1 unit), Kebumen (2 unit), Sruweng (1 unit), Karanganyar (1 unit), Alian (2 unit), Buluspesantren (2 unit), Mirit (2 unit), Kuwarasan (1 unit), Ambal (1 unit), dan Prembun (1 unit)

Traktor roda dua rotary 10,5 PK sebanyak lima unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di empat kecamatan yaitu Mirit (2 unit), dan Petanahan, Poncowarno, Bonorowo masing-masing (1 unit).

Terakhir pompa air empat inch sebanyak 10 unit diserahkan kepada poktan/gapoktan di delapan kecamatan yaitu Padureso (1 unit), Bonorowo (1 unit), Ambal (1 unit), Karanganyar (1 unit), Mirit (3 unit), Puring (1 unit), Buluspesantren (1 unit), dan Bonorowo (1 unit).

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Krt Darori Wonodipuro menambahkan, pihaknya terus mengupayakan adanya bantuan pertanian dari pemerintah pusat untuk kemajuan petani Kebumen. Termasuk bantuan alsintan yang kali ini didatangkan dari Kementerian Pertanian.

"Dengan anggaran Kebumen yang terbatas kita harus berupaya agar kebutuhan masyarakat bisa terakomodir. Seperti halnya untuk para petani, kita harus berpikir bagaimana petani Kebumen maju dan sejahtera hidupnya, apa yang mereka butuhkan coba kita upayakan dengan bantuan dari pusat," ujar anggota DPR RI asal Kebumen ini.

Pihaknya pun siap untuk mendatangkan ribuan pohon alpukat, manggis, durian untuk ditanam di Kebumen. Bahkan, ia tengah mengupayakan pembangunan jalan di Kebumen dengan dibantu pendanaanya dari pemerintah pusat.

"Insya Allah jalan  akan diperbaiki semua. Bukan Pak Bupati  tidak mau memperbaiki. Tapi anggaran kita yang terbatas, jadi kita harus cari upaya lain, yang penting tidak melanggar aturan," ucapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA