Jumat 15 Jul 2022 20:26 WIB

Biden tak Bawa Tawaran Baru dalam Pertemuan di Tepi Barat

Joe Biden tidak menawarkan proses perdamaian Israel-Palestina yang terhenti.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Presiden AS Joe Biden (kiri) saat konferensi pers dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid (kanan), di Waldorf Astoria Hotel di Yerusalem, Israel, 14 Juli 2022. Presiden AS tiba di Israel untuk kunjungan resmi, memulai perjalanan ke Timur Tengah dari 13-16 Juli.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Presiden AS Joe Biden (kiri) saat konferensi pers dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid (kanan), di Waldorf Astoria Hotel di Yerusalem, Israel, 14 Juli 2022. Presiden AS tiba di Israel untuk kunjungan resmi, memulai perjalanan ke Timur Tengah dari 13-16 Juli.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak menawarkan proses perdamaian Israel-Palestina yang terhenti saat mengunjungi Tepi Barat pada Jumat (15/7/2022). Dia hanya akan mengulang komitmen dalam solusi dua negara dan menyalurkan 100 juta dolar AS untuk mendukung rumah sakit Palestina di Yerusalem Timur.

"[Ada] kenyataan praktis di lapangan yang sangat kami perhatikan sehingga kami tidak datang dengan rencana top-down tetapi kami selalu mengatakan bahwa jika para pihak siap untuk berbicara, dan kami pikir mereka harus melakukannya, kami akan melakukannya. berada di sana, tepat di samping mereka," kata pejabat senior pemerintahan.

Baca Juga

Biden diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Betlehem sebelum berangkat ke Arab Saudi. Bahkan sebelum kunjungannya, para pemimpin Palestina menuduh pemerintahan Biden memprioritaskan integrasi Israel ke dalam pengaturan keamanan regional dengan negara-negara Arab di atas kepentingan mereka. Palestina menilai AS mengabaikan penentuan nasib sendiri dan mendukung melanjutkan pembangunan pemukiman Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Tudingan tersebut bukan tanpa dasar. Biden dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengumumkan memperdalam hubungan keamanan yang disebut Jerusalem Declaration pada Kamis (14/7/2022). Tindakan itu pun memicu protes di Tepi Barat dan Gaza terhadap kunjungannya.

Bahkan, Abbas sangat kecewa dengan kegagalan AS untuk memenuhi janji termasuk pembukaan kembali konsulat di Yerusalem. Konsulat ini ditutup oleh mantan Presiden Donald Trump pada 2019.

Pejabat pemerintahan Biden telah menolak tuduhan Palestina. Washington memberikan sorotan pada keputusan pemberian dana dan membatalkan pembekuan diplomatik yang diberlakukan oleh Trump.

"Benar-benar tidak ada hubungan apa pun, tidak ada diskusi dengan Palestina, pendanaan telah sepenuhnya terputus, benar-benar tidak ada prospek diskusi politik dalam bentuk apa pun," kata pejabat itu.

Dengan sedikit prospek kemajuan politik, fokus pertemuan Biden dengan Abbas kemungkinan adalah pada pendanaan baru dan langkah-langkah bantuan teknis. Selain kontribusi multi-tahun hingga 100 juta dolar AS untuk rumah sakit di Yerusalem Timur, Biden akan mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi di Tepi Barat dan Gaza ke standar 4G kecepatan tinggi pada akhir 2023.

Sedangkan tawaran selanjutnya adalah langkah-langkah lain untuk memudahkan perjalanan antara Tepi Barat dan tetangga Yordania. Kemudian akan ada paket dana terpisah senilai 201 juta dolar AS yang disediakan melalui badan bantuan PBB UNRWA untuk membantu pengungsi Palestina.

Solusi dua negara dengan negara telah lama menjadi solusi yang didorong masyarakat internasional. Namun itu telah muncul sebagai prospek yang semakin jauh, dengan kondisi mengeras dan dukungan memudar di kedua belah pihak.

Biden dan Lapid juga menyuarakan dukungan untuk model dua negara pada Kamis. Namun dengan Israel menuju pemilihan pada November dan sedikit dukungan untuk menghentikan perluasan pemukiman Israel di tanah Tepi Barat, prospek langsung untuk kesepakatan tampak jauh. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement