Jumat 15 Jul 2022 15:28 WIB

Pemain J League Jadi Tumpuan Jepang di Piala Asia Timur 2022

Piala Asia Timur 2022 awalnya akan dihelat di Cina, tapi batal karena pandemi.

Miki Yamane dari Kawasaki Frontale
Foto: Dok J.LEAGUE - all rights reserved
Miki Yamane dari Kawasaki Frontale

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Jepang mengandalkan pemain liga lokal atau dari J League guna menghadapi Piala Asia Timur 2022. Ini merupakan kompetisi antarnegara anggota Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) yang berlangsung di Jepang, 19-27 Juli.

Pertandingan bakal menggunakan dua stadion yakni Kashima Stadium di Prefektur Kashima dan Toyota Stadium di Toyota. Sebagai tuan rumah, Jepang memang mempersiapkan diri dengan baik meski tidak mendatangkan pemain yang bermain di Eropa. 

Baca Juga

Berdasarkan data dari J.League, Kamis (14/7/2022), pemain yang dipanggil mayoritas yang bermain di Meiji Yasuda J1 League atau Liga Utama Jepang. Dari 26 pemain yang dipanggil, klub Yokohama F. Marinos jadi penyumbang pemain terbanyak dengan mengirimkan tujuh wakilnya ke timnas Jepang.  Sanfrecce Hiroshima berada di belakang Marinos dengan mengirimkan enam pemain, disusul Kawasaki Frontale (3 pemain) dan Shonan Bellmare (3 pemain).

Beberapa nama besar dipanggil timnas Jepang untuk gelaran kali ini. Di lini depan ada Yoshinori Muto, mantan penyerang Newcastle United yang kini berseragam Vissel Kobe. Dengan catatan 29 caps dan 3 gol, Muto merupakan pemain dengan caps dan gol terbanyak dalam skuad yang dibawa Jepang kali ini.

Selain itu, ada pula dua penyerang yang sedang panas-panasnya, Takuma Nishimura (Yokohama F. Marinos) dan Shuto Machino (Shonan Bellmare) yang sama-sama sudah mengoleksi delapan gol di Meiji Yasuda J1 League 2022. Di lini tengah, ada nama mantan gelandang Arsenal, Ryo Miyaichi, yang kini bermain di Yokohama F. Marinos. 

Selain itu, ada pula gelandang Vissel Kobe yang baru didatangkan dari klub Liga Rusia Rostov, Kento Hashimoto. Pemain muda Marinos yang memiliki darah Nigeria dari sang ayah, Joel Chima Fujita, juga dipanggil untuk memperkuat Samurai Biru dalam turnamen ini. Di lini belakang, ada beberapa nama yang memang langganan dipanggil timnas Jepang seperti Sho Sasaki (Sanfrecce Hiroshima), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), dan Miki Yamane (Kawasaki Frontale).

Piala Asia Timur 2022 awalnya akan dihelat di Cina, tapi batal karena pandemi. Jepang kemudian mengambil alih. Korea Utara mundur dari babak kualifikasi, sedangkan empat tim yang lolos ke putaran final pada edisi ini ditentukan melalui peringkat FIFA tertinggi edisi 31 Maret 2022. 

Jepang sebagai tuan rumah akan kedatangan tamu timnas Cina, Korea Selatan, dan Hong Kong.Korea Selatan jadi negara tersukses dalam gelaran ini dengan lima kali meraih juara. Timnas Cina menyusul di belakangnya dengan dua kali juara, dan satu edisi lainnya dimenangi oleh Jepang.

Pemenang Piala Asia Timur kemudian akan lolos ke perhelatan AFF-EAFF Champions Trophy melawan juara Asia Tenggara, kompetisi anyar yang kini akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Berikut ini adalah skuad timnas Jepang di Piala Asia Timur 2022:

Kiper

Keisuke Osako (Sanfrecce Hiroshima)

Kosei Tani (Shonan Bellmare)

Zion Suzuki (Urawa Red Diamonds)

Bek

Miki Yamane (Kawasaki Frontale)

Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale)

Shinnosuke Hatanaka (Yokohama F. Marinos)

Ryuta Koike (Yokohama F. Marinos)

Sho Sasaki (Sanfrecce Hiroshima)

Hayato Araki (Sanfrecce Hiroshima)

Shinnosuke Nakatani (Nagoya Grampus)

Daiki Sugioka (Shonan Bellmare)TengahTsukasa Morishima (Sanfrecce Hiroshima)

Makoto Mitsuta (Sanfrecce Hiroshima)

Gakuto Notsuda (Sanfrecce Hiroshima)

Tomoki Iwata (Yokohama F. Marinos)

Joel Chima Fujita (Yokohama F. Marinos)

Ryo Miyaichi (Yokohama F. Marinos)

Kota Mizunuma (Yokohama F. Marinos)

Yasuto Wakizaka (Kawasaki Frontale)

Kento Hashimoto (Vissel Kobe)

Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Takuma Ominami (Kashiwa Reysol)

Depan

Takuma Nishimura (Yokohama F. Marinos)

Mao Hosoya (Kashiwa Reysol)

Shuto Machino (Shonan Bellmare)

Yoshinori Muto (Vissel Kobe)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement