Jumat 15 Jul 2022 13:09 WIB

Arab Saudi Pastikan Buka Wilayah Udara untuk Semua Maskapai Penerbangan

Keputusan ini muncul di tengah kunjungan Presiden AS Joe Biden di Timur Tengah

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bandara Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi Pastikan Buka Wilayah Udara untuk Semua Maskapai Penerbangan
Foto: saudigazette
Bandara Jeddah, Arab Saudi. Arab Saudi Pastikan Buka Wilayah Udara untuk Semua Maskapai Penerbangan

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) mengumumkan pada Jumat (15/7/2022) pagi, bahwa semua maskapai penerbangan dapat menggunakan wilayah udara Arab Saudi selama persyaratan penerbangan dari otoritas penerbangan dipenuhi.

“Semua maskapai penerbangan yang memenuhi persyaratan Otoritas untuk terbang akan diizinkan masuk ke wilayah udara Saudi,” tulis pihak berwenang dalam sebuah tweet, tanpa menyatakan kapan keputusan itu akan mulai berlaku.

Baca Juga

Keputusan ini muncul di tengah kunjungan Presiden AS Joe Biden di Timur Tengah, termasuk di Arab Saudi. Presiden AS Joe Biden menyambut baik langkah itu segera setelah diumumkan.

Keputusan itu datang sebagai akibat dari keinginan Kerajaan untuk memenuhi kewajibannya di bawah Konvensi Chicago tahun 1944, yang menetapkan non-diskriminasi antara pesawat sipil yang digunakan dalam navigasi udara internasional.

Dilansir dari Arab News, Jumat (15/7/2022), perubahan aturan itu dirancang untuk melengkapi upaya yang bertujuan mengkonsolidasikan posisi Kerajaan Arab Saudi sebagai pusat global yang menghubungkan tiga benua dan untuk meningkatkan konektivitas udara internasional.

Pada Juni 2021, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan strategi yang bertujuan memposisikan Kerajaan sebagai pusat logistik global. Program komprehensif yang diberi nama Strategi Transportasi dan Logistik Nasional ini berupaya meningkatkan kemampuan sektor kargo udara dengan menggandakan kapasitasnya menjadi lebih dari 4,5 juta ton.

Baca juga: Inilah Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement