Jumat 15 Jul 2022 09:02 WIB

Cuaca Hari Ini: Sebagian Wilayah Indonesia akan Diterpa Hujan

BMKG mengajak masyarakat tetap waspada dan mengikuti kondisi perkembangan cuaca.

Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). Cuaca Hari Ini: Sebagian Wilayah Indonesia akan Diterpa Hujan
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). Cuaca Hari Ini: Sebagian Wilayah Indonesia akan Diterpa Hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Indonesia pada Jumat (15/7/2022) berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Hal ini akibat sirkulasi siklonik yang membentuk daerah konvergensi dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Informasi BMKG menyebutkan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Sumatra Utara, Filipina bagian selatan, dan Papua Barat. Menurut prakiraan BMKG, hal itu telah mendorong pembentukan daerah konvergensi yang memanjang di sejumlah wilayah dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga

Di sebagian besar wilayah Sumatra, diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan wilayah Bandar Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas lebat dan Pekanbaru, Padang, dan Tanjung Pinang diprakirakan kondisi cuaca akan cerah hingga berawan.

BMKG juga memprakirakan wilayah Jakarta dan Semarang terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan di wilayah Serang, Bandung, dan Yogyakarta.

Kondisi cuaca di Surabaya pada hari ini diprakirakan berawan, wilayah Pontianak dan Tanjung Selor diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Palangkaraya diprakirakan berawan.

BMKG meminta masyarakat di wilayah Samarinda dan Banjarmasin mewaspadai hujan disertai petir. Untuk wilayah Denpasar, BMKG memprakirakan kondisi cuaca berawan, Kupang cerah berawan, dan Mataram hujan ringan. Sebagian wilayah Sulawesi berpeluang hujan ringan, Palu hujan sedang, Gorontalo berawan tebal.

Untuk wilayah Ambon, Manokwari, dan Jayapura, hari ini diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan Ternate hujan dengan intensitas sedang. BMKG mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti kondisi perkembangan cuaca melalui laman resmi milik BMKG.

Baca juga: Inilah Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement