Kamis 14 Jul 2022 13:57 WIB

Liga Muslim Dunia Puji Penyelenggaraan Haji 2022

Penyelenggaraan haji 2022 diapresiasi Liga Muslim Dunia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan jamaah haji mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Ribuan jamaah haji mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022.

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Beberapa ulama dan pemuka agama Islam terkemuka dari seluruh dunia datang untuk menunaikan ibadah haji 2022. Usia melewati puncak ibadah haji, mereka memuji keberhasilan gemilang pelaksanaan haji tahun ini.

Pujian dan sanjungan ini disampaikan selama pertemuan dan silaturahim yang diselenggarakan di kantor Liga Muslim Dunia (MWL), oleh Sekretaris Jenderal MWL Sheikh Dr. Muhammad Al-Issa. Beberapa ulama senior, mufti dan pemuka agama dari berbagai negara dunia Islam disebut menghadiri pertemuan tersebut.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (14/7/2022), Syekh Al-Issa juga menerima sejumlah panggilan telepon dari tokoh-tokoh Islam senior, termasuk mufti, kepala pusat-pusat Islam, dan anggota Dewan Ulama Senior di Kerajaan dan dunia Islam. Semua panggilan ini berisi ucapan selamat pada kesempatan perayaan Idul Adha.

Adapun dalam kegiatan silaturahim tersebut juga terjadi pertukaran ucapan selamat pada kesempatan Idul Adha dan kembalinya jamaah haji dari seluruh dunia ke Tempat Suci untuk menunaikan haji, setelah dua tahun vakum akibat menyebarnya pandemi Covid-19.

Para tamu memuji layanan luar biasa yang diberikan kepada para peziarah dan mengucapkan selamat atas keberhasilan musim haji yang gemilang. Mereka membahas prospek kerja sama dalam melayani umat Islam, selain sejumlah masalah Islam lainnya yang menjadi perhatian bersama.

Selanjutnya, para ulama disebut menyoroti isi khutbah Arafah Syekh Al-Issa, yang berfokus untuk lebih memperkuat persatuan umat Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai dan memperkuat stabilitas. Khutbah tersebut diikuti oleh lebih dari 600 juta pengunjung platform Manarat Al-Haramain, yang disiarkan secara langsung, serta diterjemahkan ke dalam 14 bahasa.

Beberapa tokoh yang hadir dalam acara silaturahim ini antara lain dengan Mufti Besar Mesir Dr. Shawki Allam, Sekretaris Jenderal Dewan Cendekiawan Senior Saudi Dr. Fahd Al-Majed, serta Sekretaris Jenderal Akademi Fiqh Islam Internasional Dr. Qutb Mustafa Sano.

Sekjen MWL juga menerima kehadiran Menteri Agama Malaysia Dr. Dato Idris Bin Ahmed, Menteri Agama Indonesia Sheikh Yaqut Khalil Qumas dan Ketua Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama Indonesia Sheikh Yahya Khalil, yang memiliki 120 juta anggota.

Tak hanya itu, hadir pula Menteri Haji Irak Sheikh Sami Omran Al-Masoudi, Kepala Wakaf Sunni Irak Sheikh Abdul-Khaleq Al-Azzawi, Menteri Agama Pakistan Mufti Abdul Shakur Sardar Khan, Menteri Wakaf dan Urusan Islam Yordania Sheikh Muhammad Al-Khalayleh, Menteri Urusan Islam dan Pendidikan Pribumi Mauritania Sheikh Dah Ould Amar Taleb, serta Ketua Dewan Cendekiawan Pakistan Sheikh Hafez Tahir Ashrafi.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/622913/SAUDI-ARABIA/Scholars-from-around-world-hail-resounding-success-of-Hajj

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement