Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Pesan Wali Kota Sorong: Jangan Jual Tanah dan Pulau untuk Pariwisata

Kamis 14 Jul 2022 08:50 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wali Kota Sorong Lamberthus Jitmau.

Wali Kota Sorong Lamberthus Jitmau.

Foto: Antara
Jitmau terang-terangan memuji Teluk Wondama yang memiliki Pegunungan Wondiboi.

REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDAMA -- Wali Kota Sorong sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Papua Barat, Lamberthus Jitmau mengingatkan semua pihak di Kabupaten Teluk Wondama agar tidak menjual tanah dan pulau di wilayah itu hanya untuk kepentingan pariwisata maupun investasi.

"Tolong jaga, baik di laut maupun di darat, di pulau sekalipun. Karena anak-anak kita, cucu kita, pada suatu ketika jangan sampai menangis karena ulah kita yang ada sekarang ini. Biarkan mereka menikmati alam yang Tuhan berikan kepada kita secara turun-temurun. Jaga-jaga, ini kebanggaan anak cucu kita," kata Jitmau di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Kamis (14/7/2022).

Baca: Pemprov Papua Barat Serahkan Aset Tahanan Militer ke Pangdam Kasuari

Jitmau secara khusus datang ke Wasior, ibu kota Kabupaten Teluk Wondama dalam rangka melantik kepengurusan DPD Partai Golkar Teluk Wondama masa bakti 2020-2025. Dia merasa kagum dan terpesona dengan keindahan alam kabupaten yang terletak di bibir utara Pulau Papua, tepatnya di kawasan Teluk Cenderawasih.

Jitmau terang-terangan memuji Teluk Wondama yang memiliki Pegunungan Wondiboi dengan hutan yang masih perawan, hamparan laut biru yang tenang di dalam teluk, juga gugusan pulau yang masih terjaga sebagai yang terindah di Provinsi Papua Barat. Dia mengingatkan, semua aset itu milik warga Teluk Wondama.

"Di atas gunung hijau dengan hutan yang masih perawan, lihat ke sana ada laut yang biru. Pulau-pulau yang indah itu, Pak Bupati sampaikan kepada semua orang. Jangan jual. Sepersen pun tidak. Itu kekayaan orang Papua," ujar Jitmau yang digadang-gadang bakal maju mencalonkan diri pada Pilgub 2024.

Bahkan, Jitmau membandingkan bentang alam Wondama jauh lebih mempesona dibanding Kabupaten Raja Ampat, salah satu destinasi wisata premium di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. "Bukan Raja Ampat yang indah, sebenarnya Wondama yang indah. Mo cerita pulau, booh (di Wondama) pulau yang indah tanpa dihuni dan dibeli oleh siapa pun."

Baca: Bertemu Ketua MRP-PB, Pangdam Kasuari Ingin Bantu Pembangunan Papua Barat

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA