Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Pantai Parangtritis Masih Jadi Primadona Objek Wisata di Bantul

Kamis 14 Jul 2022 05:32 WIB

Red: Nora Azizah

Warga berwisata di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

Warga berwisata di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis tergolong masih cukup banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa objek wisata Pantai Parangtritis masih menjadi primadona kunjungan wisatawan ketika berlibur ke daerah ini selama liburan sekolah. "Saya kira kalau untuk pariwisata Bantul, kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi primadona kunjungan, baik di hari libur akhir pekan maupun liburan sekolah kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Rabu (13/7/2022).

Selain tempat wisata yang luas, kawasan Parangtritis jadi primadona wisatawan juga karena terdapat wisata Gumuk Pasir yang punya daya tarik tersendiri, kemudian satu kawasan dengan Pantai Depok yang terkenal dengan pusat kuliner ikan. Dia mengatakan, bahkan tingkat kunjungan wisata ke kawasan Pantai Parangtritis pada beberapa waktu liburan terakhir seperti pada posisi yang relatif menggambarkan seperti kunjungan saat liburan tahun-tahun sebelumnya, sebelum Indonesia dihantam pandemi COVID-19.

Baca Juga

"Jadi kalau kita lihat rata-rata di hari biasa sudah di atas 8.000 sampai 10 ribu orang, bahkan pernah lebih, sehingga ini menunjukkan bahwa liburan sekolah ini memang betul-betul memiliki tambahan kunjungan wisata yang cukup baik dan kuat," katanya.

Dia mengatakan, jika pada hari biasa bukan akhir pekan, dari Senin sampai Jumat, wisatawan yang berkunjung ke Bantul hanya sekitar 2.000 sampai 3.000 orang, akan tetapi selama liburan sekolah kurang lebih berkisar 8.000 sampai 9.000 orang.

"Sementara kalau hari Sabtu dan Minggu bahkan bisa sampai 17 ribu lebih, artinya ini menjadi suatu peningkatan kunjungan yang baik, hari biasa sudah seperti libur akhir pekan, ini yang kita lihat dan kalau primadona di Bantul masih di Pantai Parangtritis," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan, data kunjungan wisatawan ke Bantul periode mingguan dari 4 sampai 10 Juli yang bertepatan dengan libur sekolah sebanyak 63.797 wisatawan dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp620 juta. 

"Dari total kunjungan wisata itu, jumlah pengunjung ke kawasan Pantai Parangtritis kisaran 80 sampai 90 persen," kata Markus.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA