Kamis 14 Jul 2022 01:11 WIB

Iran akan Kirim Drone Bersenjata ke Rusia untuk Bantu Perang Ukraina

Pelatihan untuk pasukan Rusia akan dimulai paling cepat bulan ini

Red: Nur Aini
Iran bergerak cepat untuk menyediakan ratusan pesawat tak berawak yang diproduksi di dalam negeri untuk mendukung upaya perang Kremlin melawan Ukraina.
Iran bergerak cepat untuk menyediakan ratusan pesawat tak berawak yang diproduksi di dalam negeri untuk mendukung upaya perang Kremlin melawan Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran bergerak cepat untuk menyediakan ratusan pesawat tak berawak yang diproduksi di dalam negeri untuk mendukung upaya perang Kremlin melawan Ukraina. Hal itu dikatakan seorang pejabat senior pemerintahan Biden, awal pekan ini.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, mengatakan AS memiliki informasi bahwa Teheran "sedang bersiap untuk memberi Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata.”

Baca Juga

Iran, kata Sullivan, sedang mempersiapkan lebih lanjut untuk melatih pasukan Rusia dengan pesawat tak berawaknya segera setelah bulan ini karena pasukan Moskow terus menderita kerugian di medan perang di tengah serangan perlahan di Ukraina timur. Sullivan tidak merinci informasi yang menjadi dasar klaimnya.

AS dan sekutu Baratnya telah bekerja untuk menerapkan sanksi besar-besaran terhadap Rusia, untuk mencegah negara itu mengisi kembali persediaan perangnya. Sanksi termasuk memberlakukan pembatasan ekspor pada teknologi penggunaan ganda utama, termasuk drone.

DJI, perusahaan teknologi drone yang berbasis di China, mengumumkan pada bulan April bahwa mereka akan menangguhkan operasinya di Rusia karena sanksi Barat yang diberlakukan sebagai pembalasan atas perang Rusia.

Sullivan mengatakan keputusan Iran untuk mengirim pesawat tak berawak ke Rusia adalah bukti lebih lanjut bahwa persediaan perang Moskow telah sangat terkuras akibat perang di Ukraina. Iran memberikan senjata tak berawak serupa kepada pemberontak Houthi Yaman sebelum kesepakatan gencatan senjata dicapai awal tahun ini, kata Sullivan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/iran-akan-kirim-drone-bersenjata-ke-rusia-untuk-bantu-perang-ukraina/2635198
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement