Rabu 13 Jul 2022 20:00 WIB

PBB Tekankan Peran Komunikasi Kunci Perangi Disinformasi

PBB harus meningkatkan budaya komunikasi strategis di seluruh komponen

Rep: ferginadirabach/ Red: Hiru Muhammad
Pasukan penjaga perdamaian PBB Indonesia melemparkan senapan mereka ke udara selama upacara untuk menandai pengalihan wewenang antara yang keluar dan kepala misi yang baru diangkat di markas UNIFIL di kota selatan Lebanon Naqoura, Lebanon, Senin, 28 Februari 2022 .
Foto: AP/Mohammed Zaatari
Pasukan penjaga perdamaian PBB Indonesia melemparkan senapan mereka ke udara selama upacara untuk menandai pengalihan wewenang antara yang keluar dan kepala misi yang baru diangkat di markas UNIFIL di kota selatan Lebanon Naqoura, Lebanon, Senin, 28 Februari 2022 .

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Dewan Keamanan PBB menekankan lebih banyak yang harus dilakukan untuk melawan disinformasi dan informasi yang salah tentang 12 operasi penjaga perdamaian PBB yang tersebar di beberapa negara. Menyusul serangan maya yang meningkat terutama di media sosial terhadap misi penjaga perdamaian PBB.

Rancangan presiden Dewan Keamanan PBB yang dipimpin Brasil disetujui oleh semua 15 anggota dewan. Rancangan tersebut mengatakan, PBB harus meningkatkan budaya komunikasi strategis di seluruh komponen sipil,  militer, dan polisi dari misi penjaga perdamaian dunia.

Baca Juga

Hal ini tidak lain untuk melindungi warga sipil dengan mandat utama bagi 90 ribu penjaga perdamaian PBB di Afrika, Timur Tengah, Asia dan Eropa. Dewan Keamanan PBB mencatat dengan sangat prihatin meningkatnya jumlah disinformasi dan misinformasi yang ditujukan terhadap operasi penjaga perdamaian PBB. Ini dapat berdampak negatif pada misi dan penjaga perdamaian.

Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Franca, yang negaranya memegang kursi kepresidenan dewan bulan ini dan memimpin pertemuan Selasa (12/7/2022) mengatakan, bahwa komunikasi strategis sangat penting untuk operasi penjaga perdamaian yang sukses. Sementara itu Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada dewan, bahwa dunia di mana penjaga perdamaian beroperasi lebih berbahaya menyusul ketegangan geopolitik bergema secara lokal dan konflik lebih kompleks dan berlapis-lapis.

"Pemelihara perdamaian menghadapi teroris, penjahat, kelompok bersenjata dan sekutu mereka – banyak yang memiliki akses ke senjata modern yang kuat, dan banyak yang memiliki kepentingan untuk melanggengkan kekacauan di mana mereka berkembang,” kata Sekjen PBB seperti dikutip laman Washington Post, Rabu (13/7/2022).

Namun, sambungnya, senjata yang mereka gunakan bukan hanya senjata api dan bahan peledak. Misinformasi, disinformasi, dan ujaran kebencian semakin sering digunakan sebagai senjata perang.

Guterres mengatakan survei baru-baru ini menemukan bahwa hampir setengah dari semua penjaga perdamaian PBB merasa informasi yang salah. Disinformasi sangat mempengaruhi pekerjaan mereka dan mengancam keselamatan dan keamanan mereka.

Guterres mencontohkan penyebaran informasi palsu seperti api ynag kerap menyulut amarah warga terhadap misi penjaga perdamaian. Guterres mengatakan sebuah surat palsu yang menuduh bahwa penjaga perdamaian PBB di Mali bekerja sama dengan kelompok-kelompok bersenjata menjadi viral di WhatsApp dan diambil oleh media nasional. "Ini menimbulkan permusuhan dan kebencian terhadap pasukan penjaga perdamaian dan membuat upaya mereka untuk melindungi warga sipil menjadi lebih keras," katanya.

Letnan Jenderal Marcos Da Costa, komandan pasukan penjaga perdamaian di Kongo, mengatakan kepada dewan bahwa mereka beroperasi di negara di mana survei berturut-turut menemukan persepsi yang buruk secara keseluruhan di antara penduduk tentang relevansi misi dalam meningkatkan keamanan mereka. "Sentimen anti-misi berlaku di beberapa bagian negara yang bahkan mencegah beberapa pengerahan kami," katanya.

"Pidato yang tidak adil oleh beberapa aktor yang menentang misi tersebut membahayakan keselamatan penjaga perdamaian kami. Penggunaan media sosial secara ekstensif oleh kelompok-kelompok bersenjata dan spoiler lainnya merusak kepercayaan terhadap PBB," imbuhnya.

 

 

 

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement