Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Penjual Makanan Keluhkan Tingginya Harga Cabai dan Bawang Merah

Rabu 13 Jul 2022 16:03 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini

Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi) Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran.

Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi) Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran.

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Penjualan makanan minta pemerintah segera menstabilkan harga kebutuhan pokok

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran. Diyah (42 tahun) salah satunya. Perempuan yang berjualan nasi di Jalan Gayung Kebonsari Timur, Gayungan, Surabaya tersebut mengungkapkan, saat ini harga bawang merah tembus Rp 65 ribu per kilogram. Padahal normalnya di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Diyah mengaku tidak bisa berbuat banyak menyikapi tingginya harga berbagai kebutuhan pokok tersebut. Hal itu mengingat ia tidak bisa mengurangi takaran bumbu karena dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap rasa masakan yang dijualnya. Ia hanya bisa pasrah mengkipun keuntungan yang dikantongi lebih sedikit dibanding biasanya.

Baca Juga

"Ya gimana lagi. Kalau ngurangi bawang atau cabai kan nantinya kurang sedep (enak) masakannya. Mau nggak mau tetep jualan walupun untungnya lebih sedikit," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (13/7/2022).

Diyah berharap pemerintah bisa segera menstabilkan harga kebutuhan pokok demi keberlangsungan jualannya. Strategi yanh diterapkan pemerintah, kata Diyah, bisa dengan menggelar operasi pasar dan laon ssbagainya. Diyah berpendapat, jika harga kebutuhan pokok tak kunjung stabil dan terus naik, bukan tidak mungkin dirinya memilih tutup warung dan libur berjualan.

"Ya kalau harganya naik terus kan gak bisa jualan. Buat apa dapat capeknya doang kalau gak ada untungnya," ujarnya.

Berdasarkan laman Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Pemprov Jatim, harga rata-rata cabai rawit di pasar di Surabaya mencapai Rp 93 ribu per kilogram. Sementara, rata-rata harga bawang merah di pasar di Surabaya mencapai Rp 63 ribu per kilogram.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA