Rabu 13 Jul 2022 16:03 WIB

Penjual Makanan Keluhkan Tingginya Harga Cabai dan Bawang Merah

Penjualan makanan minta pemerintah segera menstabilkan harga kebutuhan pokok

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi) Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran.
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Seorang pedagang menata dagangan cabainya. (ilustrasi) Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pedagang mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah yang masih tinggi di pasaran. Diyah (42 tahun) salah satunya. Perempuan yang berjualan nasi di Jalan Gayung Kebonsari Timur, Gayungan, Surabaya tersebut mengungkapkan, saat ini harga bawang merah tembus Rp 65 ribu per kilogram. Padahal normalnya di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Diyah mengaku tidak bisa berbuat banyak menyikapi tingginya harga berbagai kebutuhan pokok tersebut. Hal itu mengingat ia tidak bisa mengurangi takaran bumbu karena dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap rasa masakan yang dijualnya. Ia hanya bisa pasrah mengkipun keuntungan yang dikantongi lebih sedikit dibanding biasanya.

Baca Juga

"Ya gimana lagi. Kalau ngurangi bawang atau cabai kan nantinya kurang sedep (enak) masakannya. Mau nggak mau tetep jualan walupun untungnya lebih sedikit," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (13/7/2022).

Diyah berharap pemerintah bisa segera menstabilkan harga kebutuhan pokok demi keberlangsungan jualannya. Strategi yanh diterapkan pemerintah, kata Diyah, bisa dengan menggelar operasi pasar dan laon ssbagainya. Diyah berpendapat, jika harga kebutuhan pokok tak kunjung stabil dan terus naik, bukan tidak mungkin dirinya memilih tutup warung dan libur berjualan.

"Ya kalau harganya naik terus kan gak bisa jualan. Buat apa dapat capeknya doang kalau gak ada untungnya," ujarnya.

Berdasarkan laman Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Pemprov Jatim, harga rata-rata cabai rawit di pasar di Surabaya mencapai Rp 93 ribu per kilogram. Sementara, rata-rata harga bawang merah di pasar di Surabaya mencapai Rp 63 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement