Rabu 13 Jul 2022 14:48 WIB

Laga Uji Coba, Persis Tampil Serius Hadapi Persik Kediri

Tidak akan ada eksperimen atau uji coba komposisi pemain.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sepuluh hari lagi gelaran Liga 1 2022/2023 akan dimulai. Skuad Persis Solo setidaknya masih punya waktu persiapan mematangkan tim sebelum kompetisi resmi dimulai.

Armada Laskar Sambernyawa akan menghadapi Persik dalam laga uji coba sebagai persiapan terakhir menjelang Liga 1. Bertempat di Stadion Wilis, Kota Madiun, Jawa Timur, laga pertandingan akan berlangsung pada Ahad (17/7/2022) sore.

Jacksen F Tiago selaku pelatih Persis Solo mengatakan tidak ada uji coba komposisi pemain lagi. Menurutnya laga uji coba melawan Persik akan menjadi ajang kesiapan tim dalam menyongsong Liga 1 mendatang.

“Tidak akan ada eksperimen atau uji coba komposisi pemain, karena semua sudah kita lakukan pada ajang Piala Presiden 2022 lalu. Uji coba ke depan adalah untuk lebih mempersiapkan tim dalam menghadapi persaingan Liga 1 nanti,” kata dia.

 

Jacksen memberikan catatan khusus kepada tim asuhannya dari laga uji coba terakhir melawan Persis Youth. Menurutnya, para pemain belum bisa memanfaatkan peluang dengan baik.

“Jika harus menyoroti terhadap kendala tim, mungkin kita masih belum bisa memanfaatkan dengan baik peluang yang ada pada pertandingan tersebut (menghadapi Persis Youth). Mungkin ini kendala yang harus kita perbaiki khususnya sebelum Liga 1 dimulai,” ungkapnya.

Selain itu, Persis masih memiliki Zanadin Fariz sebagai amunisi tambahan. Pasalnya, ia adalah talenta muda yang pernah berlaga di AFF U-19 Youth Championship 2022, lalu.

Namun, Jacksen mengatakan akan memberikan waktu libur dulu pada Zanadin yang akrab disapa Ucil tersebut. Pasalnya ia belum sempat berlibur sejak Lebaran kemarin.

“Tadi siang dia (Zanadin) menghubungi saya untuk minta izin berlibur bersama keluarga selama 5-6 hari. Ya tentu saya mempersilakan, karena Idul Adha kemarin Ucil juga tidak mendapatkan kesempatan libur," ungkapnya.

Namun, Jacksen berharap Ucil akan kembali sebelum laga uji coba melawan Persik mendatang. Pasalnya, ia jadi bagian dari rencana untuk menghadapi Persik di Liga 1 nanti.

"Tapi saya berharap ia sudah dapat kembali pada 15 Juli nanti, agar dapat dipersiapkan untuk menghadapi uji coba pada 17 Juli (menghadapi Persik Kediri). Tentu ia adalah bagian dari rencana kita pada 25 Juli (laga perdana Persis di Liga 1 2022/2023) mendatang,” kata dia.

Selain Zanadin, Jacksen akan mempromosikan tiga pemain dari Persis Youth menjadi bagian dari Persis di Liga 1. Sebab, menurutnya para pemain tersebut akan menjadi tenaga tambahan bagi Laskar Sambernyawa,

“Akan ada tiga nama tambahan yang dipromosikan dari Persis Youth, mereka adalah bagian dari rencana masa depan Persis. Saya sudah diberikan amanah agar dapat memaksimalkan kemampuan mereka,” tegasnya.

Selain itu, Stadion Wilis dipilih karena merupakan kandang yang akan digunakan oleh Persik Kediri selama berlangsungnya Liga 1 2022/2023. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi uji coba terakhir masing-masing tim.  

Pertandingan ini juga dihadiri oleh penonton secara langsung di stadion. Seluruh penjualan tiket pertandingan hanya akan dilayani secara daring, sesuai dengan permintaan pihak tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement