Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Serbia akan Beli Gas dari Azerbaijan

Rabu 13 Jul 2022 08:21 WIB

Red: Esthi Maharani

Kapal tanker Sun Arrows memuat muatannya berupa gas alam cair dari proyek Sakhalin-2 di pelabuhan Prigorodnoye, Rusia, pada 29 Oktober 2021.

Kapal tanker Sun Arrows memuat muatannya berupa gas alam cair dari proyek Sakhalin-2 di pelabuhan Prigorodnoye, Rusia, pada 29 Oktober 2021.

Foto: AP Photo/File
Serbia, yang bergantung pada pasokan gas dari Rusia, berencana beli gas Azerbaijan

REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO -- Serbia, yang sepenuhnya bergantung pada pasokan gas dari Rusia, berencana membeli gas dari Azerbaijan pada 2023 ketika jalur pipa ke Bulgaria diharapkan sudah terhubung, kata menteri energi Serbia, Selasa (12/7/2022).

"Kami saat ini sedang melangsungkan pembicaraan dengan Azerbaijan soal pemesanan kapasitas gas untuk tahun depan karena interkoneksi Serbia-Bulgaria akan selesai pada September," kata Menteri Energi Zorana Mihajlovic pada konferensi energi di Sarejevo.

Baca Juga

Pekan lalu, Yunani dan Bulgaria akhirnya menyelesaikan saluran pipa setelah proyek itu sekian lama tertunda. Saluran tersebut diharapkan kedua pihak bisa membantu memutus ketergantungan Eropa terhadap gas Rusia. Saluran pipa akan mengalirkan gas dari Kota Komotini di Yunani utara ke Stara Zagora di Bulgaria, dan akan dihubungkan ke saluran lainnya yang membawa gas dari Azerbaijan.

"Interkoneksi ini bagi kami seperti sumber hidup, hal terpenting yang saat ini sedang dijalankan Serbia ketika kita bicara soal diversifikasi gas," kata Mihajlovic.

Begitu interkoneksi dengan Bulgaria itu rampung, Serbia juga akan bisa mendapat pasokan LNG dari Yunani, katanya. Serbia pada 2008 menggantungkan kebutuhan sektor migas pada perusahaan-perusahaan Rusia. Namun, Serbia bermaksud bergabung dengan Uni Eropa.

Negara itu berada di bawah tekanan negara-negara Barat untuk menyelaraskan kebijakan luar negerinya dengan kelompok negara Eropa tersebut serta menerapkan sanksi terhadap Rusia.

sumber : Antara / Reuters
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA