Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

UE Resmi Terima Kroasia sebagai Anggota zona Euro ke-20

Selasa 12 Jul 2022 21:11 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha

Croatia

Croatia

Foto: AP Photo/Virginia Mayo
Tingkat konversi untuk masuk ke satu euro adalah menjadi 7,53450 kuna Kroasia.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Para menteri keuangan Uni Eropa (UE) secara resmi menyetujui Kroasia menjadi anggota ke-20 mata uang bersama euro pada awal 2023, Selasa (12/7/2022).

Dewan Eropa mengadopsi tiga tindakan hukum yang diperlukan untuk memungkinkan Kroasia untuk memperkenalkan euro pada 1 Januari. Negara tersebut telah menjadi anggota UE sejak 2013.

Baca Juga

Salah satu tindakan tersebut menetapkan tingkat konversi untuk masuk pada satu euro menjadi 7,53450 kuna Kroasia. Kroasia sekarang memiliki beberapa bulan untuk mempersiapkan praktik peralihan mata uang.

"Mengadopsi euro bukanlah perlombaan, tetapi keputusan politik yang bertanggung jawab," kata Menteri Keuangan Republik Ceko yang memegang rotasi enam bulan kepresidenan UE saat ini Zbynek Stanjura.

Untuk mengadopsi euro, Kroasia harus memenuhi kriteria stabilitas harga dan nilai tukar, keuangan publik yang sehat, dan tingkat suku bunga jangka panjang yang moderat. Semua itu diukur berdasarkan tolok ukur UE.

Komisi Eropa juga memeriksa konvergensi ekonomi Kroasia dengan sisa zona euro, termasuk tren neraca pembayaran dan integrasi pasar tenaga kerja dan keuangannya. Kemudian memverifikasi bahwa undang-undang Kroasia kompatibel dengan undang-undang UE yang mengatur Bank Sentral Eropa.

Negara di Eropa tenggara telah menjadi negara merdeka sejak 1991 ketika meninggalkan Yugoslavia. Tetangga Slovenia, juga bekas Yugoslavia dan sekarang anggota UE, mengadopsi euro pada 2007.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA