Selasa 12 Jul 2022 20:09 WIB

Pernah Lumpuh Fisik Akibat Kelelahan Jadi Motivasi JLo Jalani Hidup Sehat

JLo pernah lumpuh secara fisik akibat kelelahan saat usian 20 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Jennifer Lopez kembali mengenang bagaimana rasanya lumpuh secara fisik selama serangan panik akibat kelelahan yang dialami ketika usia 20-an.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Jennifer Lopez kembali mengenang bagaimana rasanya lumpuh secara fisik selama serangan panik akibat kelelahan yang dialami ketika usia 20-an.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jennifer Lopez kembali mengenang bagaimana rasanya lumpuh secara fisik selama serangan panik akibat kelelahan yang dialami ketika usia 20-an. Pengalaman pahitnya itu membuatnya sadar betapa pentingnya gaya hidup sehat termasuk tidur yang cukup.

“Ada bagian dalam hidupku dimana aku biasa tidur 3 sampai 5 jam semalam. Sepanjang hari aku di lokasi syuting, lalu malamnya di studio, dan di akhir pekan aku harus syuting video. Saat itu aku masih berusia 20-an dan aku pikir aku kuat,” kata dia dalam edisi terbaru bulletin On the Jlo.

Baca Juga

“Sampai suatu hari, aku sedang duduk dengan segudang pekerjaan dan stress menyertai, ditambah kurang tidur. Tiba-tiba aku merasa tidak bisa bergerak, benar-benar beku rasanya,” lanjut Lopez seperti dilansir dari People, Selasa (12/7/2022).

Pelantun “On The Floor” itu kemudian mengatakan bahwa dia pun tak bisa melihat dengan jelas. Gejala fisik yang dialaminya membuat dia mulai merasa takut. Belakangan ia mengetahui bahwa gejala tersebut merupakan serangan panik klasik yang disebabkan oleh kelelahan.

“Tetapi saya bahkan belum pernah mendengar istilah itu pada saat itu,” ungkap Lopez.

Segera setelah kejadian itu, Lopez pun berkonsultasi dengan professional medis, dimana dia disarankan untuk memperbaiki gaya hidupnya. Pada titik inilah, ia pun mulai bertekad untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

"Kepada dokter aku bertanya apakah aku gila, dan dokter berkata ‘Tidak, Anda tidak gila. Anda hanya perlu tidur yang cukup. Tidurlah 7 hingga 9 jam per malam, jangan minum kafein, dan pastikan Anda tidur nyenyak’,” kenang Lopez.

Di awal karirnya, dia mengakui tak begitu aware dengan kesehatan dan selalu memprioritaskan pekerjaannya di industri musik. Setidaknya pada periode itu, dia berhasil merilis album studio debutnya bertajuk On the 6, yang sukses mengantarkannya pada kepopuleran.

“Saya akhirnya sadar betapa seriusnya konsekuensi dari mengabaikan apa yang dibutuhkan tubuh dan pikiran untuk menjadi sehat. Dan disitulah perjalananku menuju hidup sehat dimulai,” jelas dia.

Ia pun mulai menjalani kehidupan yang sangat sehat dan seimbang. Mengenai penampilannya yang tampak awet muda, Lopez menjelaskan bahwa tidur nyenyak salah satu faktor paling berpengaruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement