Selasa 12 Jul 2022 15:15 WIB

Kemunculan Blind Spots di Mata Bisa Jadi Tanda Long Covid

Blind spots dapat dialami oleh penderita long Covid.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata (Ilustrasi). Munculnya blind spots pada penglihatan dapat menjadi pertanda long Covid.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Mengucek mata (Ilustrasi). Munculnya blind spots pada penglihatan dapat menjadi pertanda long Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasien pengidap long Covid selama ini diketahui mengalami gejala menyerupai Covid-19 secara berkepanjangan meski sudah tidak lagi terinfeksi virus. Sejumlah komplikasi beragam telah dilaporkan pasien, termasuk yang terbaru terkait penglihatan mengenai munculnya blind spots.

Direktur klinis Association of Optometrists, Peter Hampson, menjelaskan bahwa beberapa pasien long Covid mengalami masalah dengan penglihatan. Dia mengimbau siapa pun segera mencari bantuan medis jika memiliki kekhawatiran tentang kondisi matanya.

Baca Juga

Beberapa pengidap long Covid melaporkan kelelahan mata dan perubahan pada penglihatan. Covid-19 dapat menyebabkan pembekuan darah dan dapat menyebabkan hasil yang sama seperti yang terlihat pada diabetes dan hipertensi.

"Retina dapat rusak, nama teknisnya adalah retinopati," kata Hampson.

Terkait mata lelah, Hampson mengakui itu kerap terjadi sebagai malaise (kondisi tidak enak badan) yang mungkin dialami seseorang selama dan setelah sakit. Namun, ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan hal serupa.

Sementara, retinopati atau kerusakan pada mata (khususnya di bagian retina) dipicu oleh peradangan pada pembuluh darah di dalam dan di sekitar mata, atau ketika pembuluh darah ke mata tersumbat. Kondisi itu bisa mengganggu penglihatan, bahkan jika parah akan menyebabkan kebutaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement