Selasa 12 Jul 2022 13:45 WIB

Satu Juta Eksemplar Alquran Dibagikan kepada Jamaah Haji

Salinan Alquran diberikan sebagai hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKKAH — Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan telah mendistribusikan satu juta salinan Alqur’an pada Senin (11/7/2022). Salinan Alquran diberikan sebagai hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman kepada para jamaah haji musim ini.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (12/7/2022), jamaah haji telah berangkat melalui Bandara Internasional dan Pelabuhan Laut Islam dan outlet darat dan udara lainnya. Salinan Alqur’an tersebut juga akan diserahkan kepada aparatur pemerintah yang ikut melaksanakan tugas haji tahun ini. 

Baca Juga

Dalam sebuah pengumuman, kementerian tersebut mengatakan hadiah tersebut, yang datang sebagai implementasi dari perintah kerajaan untuk terus melayani melayani kitab suci Islam, yang diterbitkan oleh Kompleks Percetakan Raja Fahd Qur'an yang berbasis di Madinah dalam berbagai ukuran dan terjemahan dalam 76 bahasa internasional. 

Arab Saudi juga kerap memberikan salinan Alquran ke seluruh dunia untuk menjaga kemurnian Alquran. Bahkan sebelum dicetak, Alquran akan diperiksa terlebih dahulu oleh para ulama senior dan terpercaya yang menghafal Alquran. 

Setelah itu, barulah salinan Alquran akan dicetak melalui mesin percetakan khusus yang berlokasi di Madinah. Bahkan para petugas percetakan pun bekerja dibawah sumpah untuk menghindari terjadinya kesalahan yang disengaja dan menjaga proses percetakan salinan dengan baik.

Jamaah haji telah merampungkan tawaf wada atau tawaf perpisahan untuk menandai berakhirnya haji pada Senin (11/7). Jamaah haji domestik bahkan sudah lebih dulu peninggalkan Makkah pada Senin kemarin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement