Selasa 12 Jul 2022 13:10 WIB

Anak Usaha ITDC Fasilitasi Qris untuk Turis Asing Saat G20

Xplorin diharapkan membantu wisatawan bertransaksi menggunakan layanan QRIS.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin), menghadirkan terobosan lewat aplikasi Xplorin.
Foto: Xplorin
Anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin), menghadirkan terobosan lewat aplikasi Xplorin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin), menghadirkan terobosan lewat aplikasi Xplorin. Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) Gemma Pratama mengatakan, perusahaan mempersiapkan aplikasi Xplorin menjadi integrator utama terintegrasi yang bisa berkolaborasi optimal dengan beragam mitra strategis berbasiskan digital sebagai bagian dari program pemulihan pariwisata Indonesia.

"Hal ini dimulai dari digitalisasi dan monetisasi berbagai aset strategis dari Grup ITDC, seperti halnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika," ujar Gemma dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Gemma menyampaikan, aplikasi Xplorin juga berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 pada 11 Juli hingga 15 Juli 2022 sebagai bagian dari rangkaian acara G20 presidensi Indonesia 2022. Ajang ini digagas oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Xplorin memberikan materi showcase yang diharapkan membantu, khususnya bagi para wisatawan mancanegara (wisman) bisa bertransaksi menggunakan layanan pembayaran QRIS di mana pun di seluruh Indonesia," ucap Gemma.

Gemma menyebut hal tersebut dapat dilakukan cukup mudah dengan melakukan aktivasi saldo uang elektronik di aplikasi Xplorin secara langsung hanya dengan menggunakan nomor telepon wisman dari negara asal. Kata Gemma, Xplorin berkolaborasi bersama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital, khususnya untuk dapat memberikan layanan aktivasi uang elektronik bagi wisman di aplikasi Xplorin.

Selain itu, lanjut Gemma, Xplorin juga berkolaborasi dengan PT Bali Hastie Indomalaya Valuta salah satu perusahaan pedagang valuta asing di Bali. Dengan begitu, para wisman dapat melakukan penukaran mata uang asing dengan mata uang rupiah yang kemudian bisa ditop up menjadi saldo uang elektronik selama berlangsungnya FEKDI 2022.

"Diharapkan para wisman bisa langsung merasakan beragam benefit dan kemudahan pembayaran QRIS diseluruh penjuru Indonesia melalui aplikasi Xplorin," lanjut Gemma.

Sebelumnya, Xplorin sudah digunakan sebagai master ticketing platform dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 serta saat ini juga dalam penyelenggaraan Mandalika Track Walk di Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu saat ini, Xplorin juga sedang kembali bersiap untuk dapat menfasilitasi penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2022 bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

CEO Netzme Vicky G. Saputra berharap kolaborasi dengan Xplorin bisa menjadi showcase inovasi dan kolaborasi yang cukup menarik serta prospektif untuk dapat ditindaklanjuti dalam koridor sandbox Bank Indonesia. Menurut data yang diterbitkan Bank Indonesia, per Mei 2022, ucap Vicky, terdapat 18,7 juta dari berbagai merchant termasuk UMKM yang telah mengadopsi QRIS sebagai solusi pembayaran nontunai.

"Hal ini bertujuan mendukung pemulihan pariwisata Indonesia lebih cepat lagi dengan memanfaatkan ekosistem QRIS, yang saat ini merupakan salah satu sistem pembayaran nontunai terluas di Indonesia dan se-Asia Tenggara dalam waktu dekat, terlebih ketika implementasi QRIS Cross Border bisa semakin diperluas," kata Vicky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement