Rabu 13 Jul 2022 05:53 WIB

Blueberry Ternyata Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Blueberry disebut buah yang cukup aman dikonsumsi penderita diabetes.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Blueberry disebut buah yang cukup aman dikonsumsi penderita diabetes.
Foto: PxHere
Blueberry disebut buah yang cukup aman dikonsumsi penderita diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaturan pola makan amat penting bagi pasien yang mengidap diabetes, baik diabetes tipe satu maupun tipe dua. American Heart Association menyarankan pasien pengidap diabetes untuk menghindari makanan tertentu.

Ketika seseorang menderita diabetes, pankreas mengalami kesulitan membuat insulin. Pada pasien diabetes tipe satu, pankreas tidak memproduksi insulin. Untuk mengelola kondisi ini biasanya melibatkan beberapa jenis obat.

Baca Juga

Sementara, pada diabetes tipe dua, pankreas tidak mengelola insulin dengan benar. Untuk alasan itu, beberapa orang mungkin memerlukan perawatan dan pilihan makanan khusus untuk membantu mengelolanya.

Makanan yang perlu dikurangi yakni produk makanan kemasan, makanan olahan, dan makanan tinggi karbohidrat sederhana, gula, lemak, dan natrium. Sebaliknya, menu yang disarankan bagi pengidap diabetes yakni buah-buahan, sayuran, makanan berserat tinggi, dan protein tanpa lemak.

 

Meski begitu, beberapa jenis buah dengan kadar gula tinggi harus dihindari, seperti semangka dan pisang yang terlalu matang. Buah-buahan lain yang mengandung lebih banyak fruktosa daripada gula dapat dimakan dalam jumlah sedang.

Kelompok buah-buahan yang dimaksud antara lain apel, melon, anggur, kiwi, mangga, jeruk, pepaya, persik, pir, nanas, dan raspberry. Lantas, bagaimana dengan blueberry? Apakah buah tersebut termasuk pilihan baik?

Ternyata, blueberry adalah salah satu buah terbaik yang bisa dimakan siapa pun. Blueberry sarat vitamin, antioksidan, mineral, dan serat. Sebuah penelitian pada 2011 terhadap tikus menunjukkan bukti pendukung.

Dalam studi, tikus yang diberi makan blueberry mengalami penurunan berat badan dan massa lemak. Blueberry membantu proses tersebut karena mengandung antosianin, yang memberi mereka warna biru.

Selain fungsi pewarnaan, antosianin bersifat antimikroba dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan visual serta neurologis. Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Food & Nutrition Research juga sudah membuktikan itu.

Studi lain terbitan 2017 di Nutrients mengungkap bahwa antosianin bermanfaat bagi pengidap diabetes karena meningkatkan sensitivitas insulin dan penyerapan glukosa. Setelah sensitivitas insulin meningkat, tubuh meningkatkan kapasitas penyerapan insulin sehingga pankreas tidak harus memproduksi insulin sebanyak biasanya, dikutip dari laman Health Digest, Rabu (13/7/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement