Selasa 12 Jul 2022 11:06 WIB

Penjualan Mercedes-Benz Merosot di Kuartal II 2022

Penjualan Mercedes-Benz turun tajam di kuartal kedua 2022 karena pasokan dan Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penjualan Mercedes-Benz turun tajam pada kuartal kedua tahun ini karena masalah pasokan dan pembatasan wilayah terkait Covid-19 di China. Ilustrasi.
Foto: EPA
Penjualan Mercedes-Benz turun tajam pada kuartal kedua tahun ini karena masalah pasokan dan pembatasan wilayah terkait Covid-19 di China. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penjualan Mercedes-Benz turun tajam pada kuartal kedua tahun ini karena masalah pasokan dan pembatasan wilayah terkait Covid-19 di China. Disiarkan Reuters pada Senin (11/7/2022), produsen mobil Jerman itu mengirimkan 490 ribu mobil penumpang pada periode April hingga Juni, turun 16 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Untuk paruh pertama 2022, divisi Cars mengalami penurunan penjualan sebesar 16 persen dengan total 998 ribu pengiriman. Kemerosotan penjualan paling parah pada kuartal kedua terjadi di China yang merupakan pasar terpenting bagi Mercedes. Di negara tirai bambu itu, penjualan turun 25 persen menjadi 163.700 unit kendaraan.

Baca Juga

Penjualan di kawasan Asia pada kuartal kedua turun 20 persen, sementara penjualan di Eropa turun 10 persen dan Amerika turun tiga persen. Kendati demikian, seorang juru bicara perusahaan mengatakan Mercedes-Benz tetap memprediksi penjualan tahun 2022 akan mengalami sedikit peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Meskipun ada kekhawatiran tentang kenaikan inflasi, permintaan pelanggan tetap tinggi," kata Direktur Penjualan Britta Seeger.

Model mewah khususnya, seperti Maybach dan mobil listrik dalam seri EQ, dikatakan Seeger merupakan model yang sangat populer. Sementara itu, bisnis Mercedes-Benz Vans yang lebih kecil tetap di bawah capaian tahun lalu dengan penjualan 100 ribu unit di seluruh dunia pada kuartal kedua tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement