Senin 11 Jul 2022 23:00 WIB

Deretan Muslim Amerika yang Terkenal dari Berbagai Bidang

Muslim disebut telah menjadi bagian integral dari kehidupan publik AS.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Keharian warga Muslim di Kota Hamtramck, Amerika.
Foto: Google.com
Keharian warga Muslim di Kota Hamtramck, Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Muslim disebut telah menjadi bagian integral dari kehidupan publik Amerika Serikat (AS). Terdapat beberapa orang-orang terkenal di Amerika yang beragama islam, beberapa dari mereka mempertahankan nama lahir non-Muslimnya.  

Dilansir dari laman Patheos pada Senin (11/7), Berikut ini beberapa contoh muslim yang terkenal di Amerika dari berbagai bidang:

Baca Juga

1. Olahraga

- Mike Tyson: Mantan juara kelas berat, yang terkadang cukup kontroversial.

- Karim Abdul Jabar. Legenda bola basket Hall of Fame yang bermain untuk Los Angeles Lakers. Dia masih pemimpin sepanjang masa dalam poin yang dicetak.

- Shaq, alias Shaquille O'Neal. Bintang bola basket hall of fame lainnya dan saat ini menjadi komentator di acara studio TMT di game NBA.

- Hakeem Olajuwon. Dijuluki 'Dream' oleh rekan satu timnya. Hall of Fame center yang bermain untuk Houston Rockets.

- Kyrie Irving. Dia baru saja mengumumkan perpindahan keyakinannya. 

- Pemain sepak bola NFL tidak menonjol seperti beberapa pemain bola basket. Daftar tersebut termasuk Muhamad Sunu, mantan bintang Stanford dan bermain untuk Bengals dan sebentar untuk 49ers. Az Zahir Hakim, bermain untuk St Louis Rams, Ahmad Rashad, yang bermain untuk Viking dan menjadi reporter sampingan selama Monday Night Football ABC.

2. Politik

Terdapat empat Muslim di kongres AS. Ini termasuk Keith Elison, Andre Carson, dan wanita Muslim Amerika pertama, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib. Kedua wanita itu sering menjadi sasaran cercaan Islamofobia dan mis-informasi. 

3. Akademisi

Daftar tersebut termasuk Akbar Ahmad (antropolog dan Ketua Studi Islam Ibn Khaldun di universitas Amerika), Farooq Azam (profesor Oseanologi di Scripps center/UC San Diego), dan Gul Agha (Profesor Ilmu Komputer di Universitas Illinois di Urbana-Champaign).

4. Aktivisme dan Organisasi Nirlaba

Ini termasuk Nihad Awad dan Ibrahim Cooper dari Council for American Islamic Relations (CAIR), Maha Elgenaidi dari Islamic Network group (ING), Robert  Crane, seorang penasihat kebijakan luar negeri untuk Presiden Nixon dan seorang penulis, yang meninggal tahun lalu.

5. Hiburan

- Hasan Minhaj. Dia mulai di UC Davis dan dengan cepat menjadi terkenal karena aksi komedinya yang cerdas, sering kali sarat dengan kata-kata yang tak biasa.

- Aasif Mandvi sering muncul di acara Komedi. 

- Dekan Obeidallah. Dia memiliki acaranya sendiri di radio Sirius.

- Faran Tahir. aktor yang telah muncul di sejumlah film Hollywood, termasuk Star Trek pada 2009 dan berperan sebagai  Kapten Richard Robau dalam film 2009.

- Dr Oz. Saat ini bersaing untuk jabatan politik.

- Fareed Zakaria dari 'Fareed Zakaria GPS' CNN, pembawa berita dan kepala koresponden urusan luar negeri.

- Lainnya termasuk Ahmed Ahmed, Mohammad Amer, David Chappelle, Moss dan Azhar Usman. 

6. Sains

Ini termasuk beberapa pemenang hadiah Nobel seperti Aziz Sancar, yang memenangkannya pada 2015 (Kimia) untuk perannya dalam perbaikan DNA, pemenang hadiah Nobel Kimia lainnya di Ahmed Zuwail, dan Anouseh Ansari, seorang pengusaha dan Muslim Amerika pertama di luar angkasa.

7. Agama

Banyak dari mereka adalah aktivis, yang lain pemimpin lembaga dan terlibat dalam akademisi. Mereka termasuk hamza Yusuf dari perguruan tinggi Zaituna di Berkeley, Sh Zaid Shakir, salah satu pendiri perguruan tinggi Zaituna, Sherman Jackson, Ingrid Mattson dan Nouman Ali. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement