Senin 11 Jul 2022 19:14 WIB

Kemenag Serahkan Sapi Kurban ke Masjid Istiqlal

Kemenag menyerahkan seekor sapi kurban ke Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI)

Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama menyerahkan seekor sapi kurban ke Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) untuk disembelih dan dagingnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan guna saling merasakan nikmat perayaan Idul Adha.

"Ibadah kurban merupakan bentuk syukur atas karunia Allah SWT," ujar Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bimas Islam Tarmizi Tohor saat menyerahkan sapi kurban ke BPMI di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

Tarmizi mengajak umat Islam agar meneladani Nabi IbrahimAS dan Nabi IsmailAS dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Esensi dari ibadah kurban, kata dia, merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama manusia.Ia berharap hewan kurban yang telah diserahkan Kemenag kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal dapat memberikan kebahagiaan bagi fakir miskin, serta mampu memenuhi kebutuhan gizi dari daging kurban.

"Saat Idul Fitri, kita memberikan zakat fitrah berupa beras untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Maka, Idul Adha merupakan upaya pemenuhan protein dari konsumsi daging," kata dia.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pada Idul Adha tahun ini, Masjid Istiqlal menerima 35 ekor sapi dan 17 ekor kambing dari berbagai pihak."Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat dan sejumlah instansi, baik swasta maupun pemerintah, yang telah menyerahkan hewan kurbankepada kami," kata dia.

Pengurus Masjid Istiqlal sebelumnya menerima titipan baik berupa hewan kurban langsung ataupun dalam bentuk uang. Sebagian dari hewan kurban itu akan didistribusikan ke masjid yang telah didata sebelumnya demi pertanggungjawaban.Sementara sebagian lainnya, akan disembelih oleh pengurus Masjid Istiqlal.

Selepas pelaksanaan Shalat Idul Adha, kata dia, pengurus tidak akan langsung melakukan penyembelihan.Hewan kurban yang akan didistribusikan maupun disembelih itu telah terseleksi dan memiliki sertifikat bebas dari segala penyakit, termasuk penyakit mulut dan kuku (PMK).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement