Senin 11 Jul 2022 07:33 WIB

Kepala Penjaga Masjidil Haram Terima Penyerahan Kiswah Ka'bah

Penyerahan sebagai persiapan penggantian Kiswah Ka'bah pada tanggal satu Muharram.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kiswah Kabah. Kepala Penjaga Masjidil Haram Terima Penyerahan Kiswah Ka'bah
Foto: Saudi Gazette
Kiswah Kabah. Kepala Penjaga Masjidil Haram Terima Penyerahan Kiswah Ka'bah

IHRAM.CO.ID, MINA -- Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci yang juga Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al Faisal mewakili Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman menyerahkan Kiswah Ka'bah kepada Kepala Penjaga Masjidil Haram Saleh bin Zainul Abidin Al Shaibi.

 

Baca Juga

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Senin (11/7/2022), Al Shaibi didampingi oleh Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Abdurrahman bin Abdulaziz Al-Sudais. Upacara serah terima tersebut diadakan di markas Kerajaan Makkah di tempat suci Mina, di hadapan Pangeran Badr bin Sultan bin Abdulaziz. 

 

Berita acara serah terima dan penerimaan ditandatangani antara Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dan kepala wali Masjidil Haram, dalam persiapan penggantian Kiswah Ka'bah pada tanggal satu bulan pertama Muharram 1444 Hijriyah. Kiswah Ka'bah dari sutra alami khusus yang diwarnai hitam dan diproduksi oleh Kompleks Raja Abdulaziz Untuk Kiswah Ka'bah Suci yang terletak di distrik Umm Al-Jude di Makkah.

 

Tinggi Kiswah Ka'bah 14 meter, dan di sepertiga atasnya terdapat ikat dengan lebar 95 sentimeter dan panjang 47 meter. Kiswah terdiri dari 16 buah yang dikelilingi bujur sangkar hiasan Islami.

Kiswah terdiri dari empat helai kain, masing-masing helai menutupi salah satu sisi Ka'bah, dan helai ke-5 adalah tirai yang dipasang di pintu Ka'bah dan pembuatannya melewati beberapa tahap. Kiswah Ka'bah suci membutuhkan tenaga kerja lebih dari 200 karyawan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement