Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Pemkot Bandung Bagikan 45 Sapi dan 100 Domba untuk Qurban

Senin 11 Jul 2022 00:31 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nur Aini

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan 45 sapi dan 100 kambing disebarkan hampir merata kelompok masyarakat

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan 45 sapi dan 100 kambing disebarkan hampir merata kelompok masyarakat

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wali Koa Bandung menyebut seluruh hewan kurban telah diperiksa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung membagikan 45 sapi dan 100 domba dan kambing ke sejumlah kelompok masyarakat. Pembagian ratusan hewan kurban itu diharapkan dapat memeriahkan hari raya qurban tahun ini, meski di tengah wabah penyakit kuku dan mulut yang hingga saat ini masih cukup mengkhawatirkan. 

"Dari pemerintah itu 45 sapi dan 100 kambing disebarkan hampir merata kelompok masyarakat," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana usai melaksanakan Salat Idul Adha sekaligus penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Ukhuwah, Kota Bandung, Ahad (10/7/2022). 

Baca Juga

Yana mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi daging yang diberikan nanti. Dia memastikan seluruh hewan kurban telah diperiksa oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), dan dinyatakan terbebas dari PMK. 

"Penyebaran daging ini insyallah terjamin kesehatannya," kata Yana. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Gin Gin Ginanjar mengaku telah menurunkan tim Antemortem (pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih) untuk memeriksa hewan kurban sejak 23 Mei 2022 lalu.

"Khusus hadapi Idul Adha kita siap jauh-jauh hari mulai tanggal 23 Mei. Menurunkan tim pemeriksaan hewan kurban, tim Antemortem. Kita semua menyebar ke semua peternak penjual hewan yang ada di Kota Bandung sampai h-1," ujarnya.

Ia juga memastikan mendata hewan kurban yang sudah diperiksa. "Kita sudah berhasil mendata hewan kurban sekitar 13.600 sapi, domba juga kambing," katanya. 

Pada hari H hingga H+3, tim postmortem (pemeriksaan kesehatan jeroan dan karkas setelah disembelih) juga menyebar ke tempat pemotongan. "Kita juga menyebar ke tempat pemotongan. Termasuk hari ini kita juga mulai pemotongan. Dokter kita hadirkan untuk memastikan daging dan isinya dalam keadaan sehat dan aman," kata Gin Gin.

Gin Gin mengungkapkan, Pemkot Bandung memiliki dua rumah pemotongan hewan (RPH). Hari ini, kedua RPH yang berlokasi di Ciroyom dan Cirangrang itu akan menyembelih 123 ekor, dengan 93 sapi di Ciroyom dan 30 ekor sapi di Cirangrang. 

“Sedangkan akumulasi dari hari ini sampai tiga hari mendatang sebanyak 199 ekor sapi,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA