Ahad 10 Jul 2022 05:58 WIB

Enno Lerian: Manfaatkan Media Sosial, Ibu-Ibu Bisa Jadi Content Creator

Survei dari Napoleon Cat tahun 2021 bahkan menyebutkan pengguna Instagram berdasarkan jenis kelamin paling banyak perempuan.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Media Sosial (Unsplash/ Christina @ wocintechchat.com)
Media Sosial (Unsplash/ Christina @ wocintechchat.com)

Perempuan merupakan mayoritas pengguna media sosial. Survei dari Napoleon Cat tahun 2021 bahkan menyebutkan pengguna Instagram berdasarkan jenis kelamin paling banyak perempuan. Namun tentunya, jangan sekadar untuk menghabiskan waktu saja, aktivitas di dunia digital harus dapat mengarah pada produktivitas dan kualitas hidup yang positif.

"Daripada kita buka media sosial cuma untuk melihat lambetura atau nyinyir update, atau hanya shopping-shopping, gimana kalau waktunya yang kita punya di rumah digunakan untuk sesuatu yang menghasilkan," kata Seorang Ibu dan Penyiar Radio, Enno Lerian, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada Rabu (6/7/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Orang Tua Harus Jadi Filter untuk Anak-Anak di Era Digitalisasi

Salah satunya adalah dengan menjadi content creator, lalu apakah ibu-ibu bisa menjadi content creator? Jawabannya sangat bisa. Meski Enno Lerian memulai kariernya sebagai penyanyi cilik, kini sebagai penyiar radio dia memanfaatkan media sosial untuk membuat konten menarik seputar kehidupannya dan pun berbagi aktivitasnya sebagai seorang ibu.

Tak hanya Enno, menurutnya, banyak ibu-ibu muda lainnya yang ikut memanfaatkan media sosial dan menjadi content creator. Konten yang dibuat sebagai seorang ibu yang mengurus sendiri anak-anaknya adalah seputar memasak dan pola asuh anak. Apalagi, jika menguasai masakan tertentu seperti dari daerah asal yang jarang diketahui.

"Berawal dari ibu rumah tangga saja, sering posting masakan di Instagram. Lalu tiba-tiba bisa jadi penulis buku," cerita Enno tentang teman-temannya sesama ibu yang sukses menjadi content creator.

Kisah lainnya ada pula ibu-ibu content creator yang sering mengunggah kesibukannya mengurus anak dengan mencari tempat bermain di indoor maupun outdoor. Apa pula ibu-ibu yang membuat konten tentang bagaimana membersihkan rumah. Semua akun Instagram tersebut akhirnya menjadi sarana informasi dan edukasi bagi ibu-ibu muda lainnya.

"Buat teman-teman yang masih bingung konten apa yang dihadirkan? Sebenarnya apa aja bisa. Selama itu sesuatu yang baik dan bisa menjadi inspirasi," kata Enno.

Enno juga memberikan tips bagaimana memulai sebagai content creator. Hal pertama sering-sering menggungah konten secara konsisten di platform pilihan. Bisa dimulai dengan menggunggah jenis content yang disukai, terkait hobi. Selanjutnya bangung enggagement dengan followers, lalu bisa juga cari inspirasi dari content creator lainnya.

"Jangan lupa untuk memperbarui konten dengan hal-hal terkini, terpenting saat menjadi content creator adalah harus konsisten dan jadilah diri sendiri dan jujur," tutur Enno.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Managing Director D&D Consulting, Ni Made Suryandari, Relawan TIK Eko Sugiono dan Key Opinion Leader, seorang Public Figure Enno Lerian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement