Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Jangan Malas Bersihkan Alat Pemanggang, Ini Risikonya

Ahad 10 Jul 2022 00:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Alat pemanggang (ilustrasi). Jangan lupa bersihka alat pemanggang sebelum dipakai.

Alat pemanggang (ilustrasi). Jangan lupa bersihka alat pemanggang sebelum dipakai.

Foto: Pixabay
Ketahui cara tepat membersihkan alat pemanggang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan panggangan sebelum menggunakannya bisa membuat Anda terhindar dari masalah kesehatan. Selain itu, Anda juga harus rutin membersihkan panggangan tersebut selagi ada waktu, sebab panggangan ini bisa menjadi sarang bakteri.

"Meninggalkan lemak dan sisa makanan di atas panggangan bisa mendatangkan masalah keamanan pangan," ungkap profesional kebersihan lingkungan dan pendiri Hudstone Home, Elizabeth Davis, seperti dilansir laman Huffington Post, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga

Jika ada makanan atau lemak yang menumpuk di panggangan Anda, itu dapat menarik bakteri seperti salmonella, listeria atau E. coli. Bakteri ini dapat berpindah ke makanan di atas panggangan dan menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Selain itu, kotoran, partikel makanan, abu, dan lemak juga dapat membuat panggangan jadi menimbulkan bahaya kebakaran. Ketika panggangan yang terlalu berminyak dinyalakan, api dapat menjalar dan menyebar.

Sisa makanan yang meradang dapat melayang dari atas panggangan dan kemudian dapat menyulut rumput, tongkat, atau bahan mudah terbakar lainnya di sekitar panggangan. Terakhir, kegagalan merawat panggangan Anda dapat mengurangi masa pakai peralatan ini.

"Jika Anda tidak membersihkan panggangan, itu bisa menyebabkannya berkarat," ujar Davis.

Pembersihan mendalam

Luangkan waktu untuk membersihkan panggangan Anda secara menyeluruh. Proses mendalam ini hanya perlu dilakukan setahun sekali. Susie Bulloch, pemilik dan pendiri Hey Grill Hey yang berbasis di Utah memberi panduan langkah demi langkah untuk pembersihan mendalam panggangan tahunan:

1. Lepaskan aksesori panggangan

Bulloch dimulai dengan melepas semua komponen yang lepas, termasuk jeruji, penutup burner, baki tetesan, penangkap gemuk, dan bahkan kenop burner. Kemudian sisihkan potongan-potongan ini untuk dibersihkan.

2. Kikis bagian dalam panggangan

Bulloch merekomendasikan untuk mengambil pisau dempul murah dari toko perangkat keras. Gunakan ujung tajam pisau dempul untuk mengikis sisa-sisa mekanan yang menempel dari dalam panggangan Anda atau dari komponen longgar Anda.

3. Degrease aksesori

Gunakan antilengket alami, seperti jeruk, yang aman untuk makanan ketika Anda perlu menyemprotkan komponen longgar Anda. Alat terbaik untuk pekerjaan ini adalah spons dapur klasik dengan sisi yang kasar (tetapi tidak terlalu abrasif). Anda bisa menggunakan semprotan DIY yang dibuat dengan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama.

4. Bersihkan bagian dalam panggangan

Gunakan pembersih gemuk dan spons untuk menyemprot dan membersihkan bagian dalam panggangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA