Sabtu 09 Jul 2022 12:36 WIB

Sholat Id Warga Muhammadiyah Manokwari Berlangsung Khidmat

Warga Muhammadiyah Kabupaten Manokwari melakukan pemotongan lima hewan sapi kurban.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha di halaman parkir Universitas Muhammadiyah Sorong di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Sabtu (9/7/2022).
Foto: Antara/Olha Mulalinda
Umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha di halaman parkir Universitas Muhammadiyah Sorong di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Sabtu (9/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 Hijriyah ratusan warga Muhammadiyah Kabupaten Manokwari berlangsung di halaman Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah, Jalan Trikora Arfai Manokwari, Provinsi Papua Barat pada Sabtu (9/7/2022). Sholat Id berlangsung dengan khidmat.

Sholat Id oleh warga Muhammadiyah Kabupaten Manokwari berlangsung aman, damai, dan penuh khidmat pada Sabtu pagi WIT. Sholat dipimpin imam Ustadz Wardi Nabi dan khatib Jamil Manilet. Dalam khutbahnya, Jamil Manilet menekankan tiga hal yang dapat dipetik sebagai hikmah seorang Muslim sejati pada perayaan Idul Adha.

Baca: Perkenalkan MieMu, Mi tanpa MSG Produksi Pengurus Muhammadiyah

Hal itu bisa dijadikan pelajaran ketika kehidupan sehari-harinya menghadapi cobaan dan rintangan meski sudah bertaubat. "Cobaan dan rintangan bahkan datang dari orang tua kita sendiri, namun kita hadapi dengan santun sebagaimana kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah SWT menyembelih anaknya Nabi Ismail AS lalu kemudian diganti dengan hewan Qurban" katanya di Manokwari, Sabtu.

Dia juga mengajak umat Islam agar menunjukkan cinta sejati dalam kehidupan bermasyarakat dengan berbagi kepada sesama, karena itulah puncak dari cinta sejati. "Cinta yang tertinggi adalah dengan berupaya berbagi apa yang kita miliki kepada sesama dan terus menjadi pembawa kedamaian, dan saling menghormati dalam kehidupan sehari-hari," kata Jamil.

Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Manokwari Imam Muslih menjelaskan, selain pelaksanaan sholat Id, warga Muhammadiyah juga melakukan pemotongan lima hewan sapi kurban. "Idul Adha 2022 ini warga Muhammadiyah Manokwari melaksanakan pemotongan lima hewan sapi kurban di lima titik lokasi di kota hingga pinggiran Kabupaten Manokwari untuk memudahkan proses distribusi," katanya.

Baca: Muhammadiyah Siap Membangun Rumah Sakit Labuan Bajo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement