Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bahrul Amry

Konsep Pelaksanaan Pembangunan di Indonesia

Politik | Wednesday, 06 Jul 2022, 23:27 WIB

Tanggal 17 Agustus 1945 dan dari saat itulah bangsa Indonesia memulai pembangunan yang sebenarnya. Tujuan dari pembangunan yaitu tidak lain adalah menyejahterakan rakyat atau menjadi lebih baik dari sebelumnya. Indonesia terdiri dari pulau-pulau besar maupun kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dari bermacam-macam suku dan kebudayaan. Tidaklah mudah bangsa Indonesia melaksanakan pembangunan dengan keadaan yang beranekaragam. Tentu pembangunan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan wilayah dimana pembangunan itu dilaksanakan. Penduduk Indonesia berjumlah 200 juta jiwa lebih, kekayaan alam melimpah ruah yang terbentang diseluruh nusantara. Hal ini merupakan suatu modal yang sangat penting bagi pelaksanaan pembangunan di indonesia. Pelaksanaan sebetulnya sudah ada sejak tahun 1990-an, tetapi lebih berorientasi terhadap pelaksanaannya.

Hubungan Pembangunan dan Lingkungan

Hakekatnya, pelaksanaan pembangunan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan. Ibarat suatu sistem, maka keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Secara umum, pembangunan bertujuan untuk meningkatkan mutu hidup rakyat dan mmenuhi kebutuhan dasar (human needs) rakyat yang lebih baik. Dalam upaya memperbaiki mutu hidup rakyat, sebagaimana tujuan dari pembangunan, maka kemampuan lingkungan hidup dalam mendukung kehidupan pada tingkat yang lebih tinggi seharusnya dipelihara dari kerusakan. Pemeliharaan lingkungan hidup diupayakan dalam rangka menghindari terjadinya kepunahan kehidupan. Dengan kata lain, apabila terjadi kerusakan, kemerosotan yang parah pada ekosistem tempat hidup manusia, maka kedepannya kehidupan manusia akan mengalami kesulitan yang banyak. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembangunan berkelanjutan tidak terjadi.

Secara garis besar, pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan merupakan pembangunan yang tidak mengabaikan kelestarian lingkungan, menjaga keharmonisan lingkungan dan sumber daya agar pembangunan berkelanjutan bagi generasi masa kini dan nanti dapat ditopang oleh keberadaan lingkungan dan sumberdaya yang lestari. Dalam hal ini pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan berarti mengelola sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi masa akan datang untuk mengelola sumberdaya guna meningkatkan kesejahteraannya.

Upaya yang Dapat Dilakukan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan

Lingkungan Seiring dengan berjalannya waktu, dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia diharapkan dapat berkelanjutan. Meski, dalam kenyataannya, pembangunan di Indonesia tak jarang masih lalai dalam memperhatikan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, mengingat pentingnya pembangunan berkelanjutan, maka diperlukan upaya-upaya yang diharapkan dapat menjadi pembuka jalan dalam mendukung dan melestarikan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan di Indonesia. Terdapat beberapa hal pokok dan penting yang seyogyanya diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan dan pemanfaatan sumbersumber alam yang dapat diperbaharui, yaitu sebagai berikut:

1. Generasi yang akan datang harus tetap mewarisi suatu alam yang masih penuh sumber kemakmuran untuk dapat memberi kehidupan kepada mereka.

2. Tetap adanya keseimbangan dinamis diantara unsur-unsur yang terdapat di alam.

3. Dalam penggalian sumber-sumber alam harus tetap dijamin adanya pelestarian alam, artinya pengambilan hasil tidak sampai merusak terjadinya autoregenerasi dari sumber alam tersebut.

Modal Pembangunan Di indonesia

Jika dilihat dari segi modalnya, pembangunan nasional menjadi serangkaian usaha berkelanjutan dari suatu pembangunan. Unsurnya adalah seluruh kehidupan bangsa, negara, dan juga masyarakat yang akan berperan banyak dalam mewujudkan pembangunan yang sesungguhnya. Pelaksanaannya pun juga melibatkan beberapa aspek, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tidak hanya aspek ekonomi saja sebab aspek lainnya juga sangat bergantung pada peranan penting satu dengan yang lainnya.

Aspek-aspek tersebut sudah mendapatkan kepercayaan, sehingga prosesnya akan lebih terarah, terpadu, dan dijamin berkelanjutan. Kamu yang ingin mewujudkan tujuan dari pembangunan nasional memerlukan modal khusus. Hal-hal yang dimaksud sebagai modal khusus adalah kemerdekaan, jiwa, semangat persatuan, kekayaan alam, hingga budaya bangsa. Jadi, kamu bisa kembali mengingat atau membawa pembukaan UUD 1946 mengenai tujuan pembangunan nasional untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, seluruh tumpah darah, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pembangunan sangat dipengaruhi oleh para pelaksana pembangunan, yaitu pemerintah dan warga masyarakat (berupa dukungan kepada kebijakan pemerintah). Komunikasi juga menentukan berhasil tidaknya pembangunan, baik komunikasi melalui media massa maupun secara langsung oleh para pemimpin setempat. Adanya kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat harus diciptakan agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang maksimal. Saran Untuk menagatasi kegagalan pembangunan yang dialami oleh bangsa Indonesia diperlukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang telag ditetapkan, dengan tujuan kedepannya agar lebih baik dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

SUMBER REFERENSI

Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia dan Perkembangannya - Gramedia Literasi

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/19032/18593

https://bappeda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pembangunan-indonesia-dan-permasalahannya-44

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image