Sabtu 09 Jul 2022 22:26 WIB

19 Tahun Lalu, NASA Kirimkan Penjelajah Opportunity ke Mars

Opportunity diluncurkan 7 Juli 2003 dan bertahan selama 15 tahun.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
NASA mengirimkan kendaraan kedua bernama Opportunity, untuk mengeksplorasi Mars dan mencari tanda-tanda adanya air, pada 25 Januari 2004.
Foto: RT
NASA mengirimkan kendaraan kedua bernama Opportunity, untuk mengeksplorasi Mars dan mencari tanda-tanda adanya air, pada 25 Januari 2004.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Opportunity atau yang juga dikenal sebagai Oppy, adalah penjelajah Mars milik Badan Antariksa Amerika (NASA) yang diluncurkan pada 7 Juli 2003, atau 19 tahun lalu. Wahana itu memiliki misi melintasi 1.000 meter dan berlangsung selama 90 hari di Mars. 

Ternyata, penjelajah itu bertahan selama 15 tahun dan menempuh jarak lebih dari 28 mil (45 km) sebelum hancur oleh badai debu.

Baca Juga

Dilansir dari Earth Sky, pada 7 Juli 2003, Opportunity memulai perjalanannya ke Mars. Pada 25 Januari 2004, Opportunity, setelah menghabiskan sekitar tujuh bulan di luar angkasa, mendarat di Meridiani Planum di Mars. Pendaratan ini terjadi tiga minggu setelah pendaratan Spirit, penjelajah kembarannya, di sisi berlawanan dari planet ini.

Pada tahun 2009, Spirit berhenti melintasi permukaan Mars. Pada 2010, Spirit berhenti mengirimkan sinyal kembali ke Bumi.

Namun, Opportunity yang ditargetkan bisa melampaui selama 90 hari Mars dan 1.000 meter, jauh mengungguli semua prediksi dalam hal daya tahan, nilai ilmiah, dan bahkan umurnya. Setelah sekitar 15 tahun mempelajari permukaan Mars, misi rover secara resmi selesai pada 2019. 

Pada saat rover tiba di tempat peristirahatan terakhirnya yang paling pas di Lembah Perseverance Mars, rover telah menempuh lebih dari 45 km, melebihi harapan hidupnya. 

Ketika badai debu dahsyat yang menutupi seluruh Mars menelan lokasi rover Opportunity pada Juni 2018, rover berhenti berkomunikasi dengan Bumi. Kemungkinan badai itu berdampak pada panel surya rover. Pada 10 Juni 2018, komunikasi terakhir Opportunity akhirnya diterima.

Perpisahan yang panjang

Para insinyur di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA melakukan strategi pemulihan delapan bulan yang komprehensif untuk mencoba memungkinkan rover berkomunikasi sepanjang akhir musim panas dan musim gugur 2018.

Lebih dari seribu perintah dikirimkan ke rover, tetapi tidak ada yang terjadi . Penggemar luar angkasa mulai menggunakan tagar #ThankYouOppy dan #GoodnightOppy di Twitter dan situs media sosial lainnya yang berubah menjadi luapan emosi selama berbulan-bulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement