Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Sejarah Hari Ini: Wanita AS Pertama Diangkat Menjadi Letnan untuk Perawat 

Sabtu 09 Jul 2022 09:43 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Florence Blanchfield

Florence Blanchfield

Foto: Military.com
Selama Perang Dunia II Blanchfield mengawasi 60 ribu perawat di semua lini.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pada 9 Juli 1947, Jenderal Amerika Serikat (AS) Dwight D Eisenhower menunjuk Florence Blanchfield menjadi letnan kolonel di Angkatan Darat AS dalam sebuah upacara yang diadakan di Pentagon di Arlington, Virginia. Pengangkatan ini menjadikannya wanita pertama dalam sejarah AS yang memegang pangkat militer permanen untuk perawat.

Dikutip laman History, Sabtu (9/7/2022), Blanchfield mendapatkan komisinya setelah pengesahan Undang-Undang Perawat Angkatan Darat-Angkatan Laut tahun 1947 oleh Kongres. Blanchfield telah menjabat sebagai pengawas Korps Perawat Angkatan Darat selama Perang Dunia II.

Baca Juga

Ia berperan penting dalam mengamankan pengesahan Undang-Undang Perawat Angkatan Darat-Angkatan Laut, yang diadvokasi oleh Perwakilan Frances Payne Bolton. Blanchfield menempuh pendidikan di perguruan tinggi bisnis di Pittsburgh, Pennsylvania, di University of California, dan di Columbia University di New York City.

Laman Britannica mencatat pada 1906 ia lulus dari South Side Training School for Nurses di Pittsburgh. Setelah pelatihan tambahan di Rumah Sakit Johns Hopkins, Baltimore, Maryland, ia memasuki serangkaian pos di Pennsylvania dan Canal Zone (1913). 

Pada 1917 ia mendaftar di Korps Perawat Angkatan Darat, dan ia bertugas di Prancis hingga 1919. Ia kemudian ditugaskan ke rumah sakit tentara di Michigan, California, Filipina, Washington, DC, Georgia, Missouri, dan China; dia juga bertugas untuk sementara waktu di kantor ahli bedah umum.

Pada 1942 ia diberi tugas sebagai letnan kolonel untuk menjadi asisten Kolonel Julia Flikke, pengawas Korps Perawat Angkatan Darat. Karena pangkat mereka ditemukan tanpa dasar hukum, mereka dibayar sebagai mayor dan letnan kolonel, masing-masing.

Ketika Blanchfield menggantikan Flikke sebagai pengawas pada 1943, dia menjadikannya salah satu perhatian untuk mengamankan pangkat penuh, dibandingkan dengan pangkat relatif (yang terdiri dari formalitas tetapi bukan gaji atau tunjangan pangkat penuh), untuk perawat tentara. Selama Perang Dunia II Blanchfield mengawasi pekerjaan di seluruh dunia dari sekitar 60.000 perawat di semua lini. 

Kasusnya untuk pangkat penuh dimenangkan untuk sementara pada 1944, dan pada bulan April 1947 baik angkatan darat maupun angkatan laut merevisi peraturan untuk mengizinkan perempuan memegang pangkat penuh. Blanchfield kemudian menerima dari Jenderal Dwight D Eisenhower komisi tentara reguler pertama yang diberikan kepada seorang wanita. Dia pensiun tahun itu dan setelah itu tinggal di Arlington, Virginia. 

Pada 1951, Blanchfield menerima Penghargaan Florence Nightingale dari Palang Merah Internasional. Pada 1978, sebuah rumah sakit Angkatan Darat AS di Fort Campbell, Kentucky, dinamai untuk menghormatinya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA