Sabtu 09 Jul 2022 08:23 WIB

Fitch Naikkan Prospek Amerika Serikat Menjadi Stabil

Kenaikan prospek AS didorong oleh pemulihan ekonomi pascapandemi.

Pesawat parkir di landasan di Bandara Internasional Des Moines, Senin, 13 Juni 2022, di Des Moines, Iowa, Amerika Serikat.
Foto: AP Photo/Charlie Neibergall
Pesawat parkir di landasan di Bandara Internasional Des Moines, Senin, 13 Juni 2022, di Des Moines, Iowa, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lembaga pemeringkat global Fitch pada Jumat (8/7/2022) menaikkan prospek Amerika Serikat menjadi "stabil" dari "negatif" di tengah dinamika utang pemerintah jangka pendek yang membaik. Ini didorong oleh pemulihan ekonomi pascapandemi yang lebih kuat dari perkiraan.

Badan tersebut mengatakan mereka memperkirakan pendapatan pemerintah meningkat tahun ini, dibantu oleh pajak penghasilan pribadi dan perusahaan yang kuat. Fitch mempertahankan sovereign rating-nya di "AAA" karena kekuatan struktural seperti ukuran ekonomi, pendapatan per kapita yang tinggi, dan lingkungan bisnis yang dinamis.

Baca Juga

Bulan lalu, Moody's juga menegaskan sovereign rating tertinggi "Aaa" untuk negara tersebut. Lembaga pemeringkat mengatakan mereka memperkirakan ekonomi akan tetap tahan terhadap tantangan saat ini dari inflasi yang tinggi serta invasi Rusia ke Ukraina.

Perekonomian AS telah berada dalam pantauan resesi karena Federal Reserve secara agresif memperketat kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi. Bank sentral AS bulan lalu menaikkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase, kenaikan terbesar sejak 1994.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement