Jumat 08 Jul 2022 17:28 WIB

Survei SPIN: 55,8 Persen Responden Puas Terhadap Kinerja Pemerintah

Publik menilai kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf pada 2022 positif, dan memuaskan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Sebanyak 55,8 persen responden puas terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi. Sebanyak 55,8 persen responden puas terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei dan Politik Indonesia (SPIN) merilis survei terbaru terkait kepuasan publik terhadap pemerintah. Hasilnya, sebanyak 55,8 persen responden puas terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.

"Secara umum kita tanyakan kepada responden seberapa puas Anda terhadap kinerja pemerintahan Jokowi Maruf tahun ini, ternyata yang menjawab sangat puas 6,7 persen, yang menjawab puas 55,8 persen, biasa aja itu 20,4 persen," kata Direktur SPIN, Igor Dirgantara, dalam paparannya secara daring, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga

Igor mengatakan, secara umum publik menilai kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf pada 2022 positif, dan memuaskan. Jika ditotal antara yang sangat puas dan puas, angka kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah mencapai 62,5 persen.  

"Ya itu gabungan dari 6,7 persen yang bilang sangat puas dan 55,8 yang bilang puas," ujarnya. 

Ia menuturkan, tingkat kepuasan terhadap pemerintah alami peningkatan jika dibandingkan periode survei SPIN bulan April 202. Igor mengatakan perbaikan sentimen positif tersebut bisa jadi terjadi seiring repons publik terhadap penyelesaian beberapa isu ekonomi dan politik ya, khususnya melalui reshuffle kabinet. 

"Jadi responsnya cukup positif, nah mungkin muncul juga harapan publik yang cukup besar dari kebijakan reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi itu yang menyebabkan secara umum approval rating terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf positif," ucapnya. 

Survei dilakukan pada 25 Juni-5 Juli 2022 dengan total jumlah responden 1230. Survei menggunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen. 

Kriteria responden merupakan penduduk berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah. Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement