Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Delapan Penerbangan ke Bandara Ambon Dialihkan karena Cuaca Buruk

Jumat 08 Jul 2022 15:29 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Cuaca buruk.     (ilustrasi)

Cuaca buruk. (ilustrasi)

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Cuaca buruk di Ambon mengakibatkan jarak pandang terbatas.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Delapan penerbangan ke Bandara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, dialihkan ke bandara terdekat akibat cuaca buruk Jumat (8/7/2022) pagi. "Delapan pesawat hingga sore ini tidak bisa mendarat di Bandara Pattimura karena cuaca buruk di Ambon yang mengakibatkan jarak pandang terbatas," kata Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Pattimura Ambon, Aditya Narendra, di Ambon.

Ia mengatakan delapan penerbangan yang dialihkan itu adalah Lion Air dengan nomor penerbangan JT-786 rute Makassar-Ambon dialihkan ke Sorong (SOQ). Kemudian Lion Air nomor penerbangan JT-786 dengan rute Makassar (UPG) ke Ambon (AMQ) dialihkan ke Makassar (UPG) dan Citilink dengan nomor penerbangan QG-8221 rute Babo (BXB) ke Ambon (AMQ) dialihkan ke Kendari (KDI). Begitu juga Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-694 rute Ternate (TTE) dialihkan ke Ternate (TTE).

Baca Juga

Selain itu empat pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1515 rute Saumlaki (SXK) ke Ambon (AMQ), Wings Air IW-2174 dengan rute Ternate (TTE) ke Ambon (AMQ), Wings Air IW-3187 dengan rute Babo (BXB) ke Ambon (AMQ). Serta Wings Air dengan nomor penerbangan IW-3545 dengan rute Babo (BXB) ke Ambon (AMQ) dialihkan ke Sorong (SOQ).

Ia mengakui dampak dari pengalihan penerbangan akibat cuaca buruk di Kota Ambon, sampai saat ini para penumpang dengan pesawat tujuan delapan rute tersebut masih menunggu di Gate 1 sampai Gate 4 di Bandara Pattimura. "Penumpang masih menunggu delapan pesawat yang belum landing di Bandara Pattimura," katanya.

Ia menambahkan sesuai prosedur yang berlaku jika cuaca buruk penerbangan yang posisinya telah mendekati bandara akan dialihkan ke bandara terdekat atau apabila memungkinkan akan menunggu di udara. "Apabila cuaca masih buruk, maka pesawat dari daerah asal akan menunggu diberangkatkan sampai kondisi membaik," kata Aditya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA