Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Ilmuwan Temukan Bukti Pertama Kali Manusia Menggunakan Api

Jumat 08 Jul 2022 11:48 WIB

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih

Api unggun (ilustrasi)

Api unggun (ilustrasi)

Foto: www.pixabay.com
Manusia purba menggunakan api untuk memasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar sejuta tahun yang lalu, orang-orang menggunakan api yang berasal dari sumber alami seperti sambaran petir. Namun, sulit untuk menemukan bukti nyata penggunaan api yang dimulai oleh manusia sejak dulu. 

Penggunaan baru kecerdasan buatan (AI) mencari bukti luka bakar terkontrol oleh manusia purba dijelaskan dalam publikasi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada Juni 2022 oleh tim ilmuwan Israel dan rekan Kanada.

Baca Juga

Mereka berkonsentrasi pada peralatan batu yang ditemukan di Evron Quarry,  situs arkeologi Israel di Laut Mediterania yang digali secara ekstensif pada tahun 1970-an. 

Penelitian baru mengungkapkan bahwa antara 1 dan 0,8 juta tahun yang lalu, manusia purba yang tinggal di situs ini memang menggunakan api yang dikendalikan untuk memasak makanan dan memproduksi alat.

Para peneliti menggunakan kecerdasan buatan untuk menemukan variasi struktur atom kecil pada batu prasejarah yang mereka temukan di Evron Quarry. Batu-batu ini mungkin telah digunakan di beberapa api unggun pertama yang pernah ditemukan.

Kisah penjinakan api

Para ilmuwan berusaha menemukan cara untuk menemukan bukti kebakaran di artefak yang tidak memiliki bekas luka bakar yang jelas. 

“Ini mengungkapkan adanya api di Paleolitik Bawah tidak memiliki tanda-tanda piro teknologi (api yang dikendalikan di zaman kuno). Dan menambahkan situs Paleolitik Bawah baru ke beberapa situs arkeologi dengan bukti yang mengaitkan homini artefak dan api yang dihasilkan,” ucap penulis, dilansir dari Earth Sky.

Ini menyiratkan bahwa menggunakan kecerdasan buatan sebagai alat dapat membantu kita menemukan lebih banyak tentang nenek moyang kita yang jauh. 

Tim peneliti ini berharap bahwa peneliti lain akan mengadopsi metodologi mereka dan melihat kedua lokasi, di mana manusia purba mungkin telah tinggal dan mungkin meninggalkan petunjuk lebih lanjut yang belum ditemukan untuk penguasaan api awal mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA