Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

LPPOM: Sertifikat Halal Tanggung Jawab kepada Konsumen Muslim

Kamis 07 Jul 2022 22:43 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati, mengingatkan pentingnya sertifikasi halal produk

Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati, mengingatkan pentingnya sertifikasi halal produk

Foto: Republika/Putra M. Akbar
LPPOM MUI mengingatkan pentingnya sertifikasi halal produk

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyampaikan bahwa sertifikat halal tidak sekadar untuk memenuhi regulasi, tapi sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen Muslim. 

 "Sertifikat halal merupakan bentuk tanggung jawab terhadap konsumen Muslim, karena sertifikat halal tidak hany selembar kertas yang sekadar memenuhi regulasi, tapi lebih dalam lagi ini bentuk pertanggungjawaban kepada konsumen Muslim," kata Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati, kepada Republika.co.id usai acara Penganugerahan Penghargaan LPPOM MUI Halal Award 2022 di IPB International Convention Center, Botani Square, Kamis (7/7/2022).  

Baca Juga

Muti mengatakan, LPPOM MUI berharap sertifikat halal akan memberikan dampak yang positif dan nilai tambah yang bagus kepada perusahaan yang memilikinya. Karena sertifikat halal bisa memberikan jaminan, dengan jaminan halal tersebut perusahaan bisa merebut kepercayaan masyarakat. 

Dia menjelaskan, penganugerahan penghargaan LPPOM MUI Halal Award sudah diselenggarakan sejak 2011. Penghargaan halal award diberikan kepada perusahaan mitra LPPOM MUI yang sudah melaksanakan dan mengimplementasikan produk halal secara sangat baik serta konsisten. 

Ada tiga kategori yang mendapatkan halal award dari LPPOM MUI. Di antaranya kategori best of HAS implementation, best newcomer of halal certified company, dan favorite halal brand. Dalam memilih penerima anugerah favorite halal brand, LPPOM MUI melibatkan masyarakat luas, mereka melalui media sosial bisa ikut memilih favorite halal brand. 

"Kami berharap, (halal award) ini jadi motivasi bagi perusahaan untuk terus bisa menjalankan produk halal ini dengan baik," ujar Muti. 

Muti berharap, dengan adanya keterlibatan konsumen dalam memilih penerima anugerah favorite halal brand, bisa membangkitkan kesadaran konsumen untuk memberi pengawasan terhadap produk yang sudah bersertifikat halal. Sehingga kalau ada penyimpangan yang terjadi, konsumen bisa mengawasi dan memberikan laporan.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengawas LPPOM MUI, KH Sholahuddin Al Aiyub, mengatakan, acara Halal Award adalah bagian dari upaya LPPOM MUI untuk mendorong mitra perusahaan agar semakin memperbesar dan memperkuat kepatuhan mereka terhadap prinsip kehalalan.

Acara ini juga mendorong supaya LPPOM MUI dalam proses sertifikasi bisa lebih cepat pelayanannya, serta lebih mudah dan juga terpercaya.

"Ini menjadi penting supaya sertifikat yang kita berikan dan sertifikasi yang kita lakukan itu betul-betul diterima di dalam negeri dan luar negeri," kata Kiai Sholahuddin.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA