Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Newcastle dan West Ham Terus Goda Striker Muda Chelsea

Kamis 07 Jul 2022 20:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Armando Broja (kiri)

Armando Broja (kiri)

Foto: Adam Davy/PA via AP
Armando Broja jadi incaran sejumlah klub.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejumlah klub Liga Primer Inggris dilaporkan terus memantau situasi Armando Broja di Chelsea. Dari sejumlah klub peminat striker berusia 20 tahun tersebut, Newcastle United dan West Ham United disebut-sebut berada di urutan terdepan. 

Berdasarkan lansiran Mirror, baik the Magpies dan the Hammers telah memasukan Broja sebagai salah satu pemain incaran utama di bursa transfer musim panas kali ini. Dari kubu the Hammers, pelatih David Moyes membutuhkan tambahan striker anyar untuk menjadi pesaing Michail Antonio. Pun dengan kemungkinan buat manajemen The Hammers untuk meningkatkan kedalaman skuad di tim utama. Pasalnya, pada musim depan, The Hammers akan merumput di kompetisi Eropa. 

Baca Juga

"Broja menjadi salah satu target utama West Ham United. The Hammers juga telah mulai membuka komunikasi dengan Chelsea," tulis laporan Mirror, Kamis (7/7/2022). 

Rencana tidak jauh berbeda diusung Newcastle United. Di bawah kendali pemilik anyar, Public Investment Fund (PIF), The Magpies siap menggelontorkan dana transfer besar-besaran untuk membangun tim yang lebih kompetitif pada musim depan. Dengan cedera yang kerap dialami Callum Wilson, ditambah kegagalan mendapatkan penyerang asal Prancis, Hugo Ekitike, Newcastle tengah mencari striker anyar. 

"Broja masuk dalam kualifikasi yang diinginkan oleh pelatih Newcastle United, Eddie Howe. Manajemen The Magpies pun siap memberikan dukungan dengan gelontoran dana dari PIF dalam upaya perekrutan Broja," lanjut laporan Mirror tersebut. 

Broja tampil apik saat melakoni masa peminjaman bersama Southampton pada sepanjang musim ini. Striker berusia 20 tahun itu berhasil mencetak sembilan gol dari 38 penampilan di semua ajang, termasuk enam gol dari 32 laga di pentas Liga Primer Inggris musim ini. 

Torehan ini tergolong impresif buat penyerang yang baru menandatangani kontrak profesional pada 2020 silam. Selain West Ham dan Newcastle United, Everton dan Southampton juga dikabarkan kepincut dengan performa pemain asal Albania itu pada sepanjang musim ini tersebut. 

Sebelumnya, berdasarkan lansiran media asal Albania, perwakilan Broja mengungkapkan, kliennya siap meninggalkan Stadion Stamford Bridge apabila tidak mendapatkan jaminan tampil di tim utama pada musim depan. Saat ini, alumni tim junior The Blues itu sudah bergabung dalam skuad The Blues guna melakoni tur pramusim. 

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, sempat mengungkapkan keinginan untuk melihat Broja dan Connor Gallagher, yang tampil apik bersama Crystal Palace pada musim ini, untuk berada di tim utama The Blues pada musim depan. Namun, pelatih asal Jerman itu memang belum memberikan jaminan di tim utama buat Borja dan Gallagher. 

"Kami akan memutuskannya pada pramusim, langkah apa yang kami ambil. Karena itu, ini semua tergantung pada mereka (Broja dan Connor Gallagher) dan bagaimana penampilan mereka," ujar Tuchel seperti dilansir Metro, beberapa waktu lalu. 

Setidaknya ada dua opsi yang tersedia buat The Blues terkait potensi transfer Broja pada jendela transfer musim panas kali ini. Selain melepas Broja secara permanen dengan nilai transfer diperkirakan mencapai 30 juta euro, Chelsea juga bisa kembali meminjamkannya ke klub lain. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA