Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Timnas Cina Susul Yordania Tiba di Jakarta untuk FIBA Asia Cup 2022

Kamis 07 Jul 2022 18:50 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Tim Basket Cina, menjadi tim pertama yang tiba di tanah air, Rabu (7/7/2022) untuk ikut FIBA Asia Cup 2022.

Tim Basket Cina, menjadi tim pertama yang tiba di tanah air, Rabu (7/7/2022) untuk ikut FIBA Asia Cup 2022.

Foto: dok. FIBA Basketball
Setelah delegasi Cina, rombongan berikutnya tiba pada Sabtu (9/7/2022), yakni Kosel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Cina menjadi rombongan pertama yang menyusul Yordania tiba di Jakarta untuk mengikuti turnamen FIBA Asia Cup 2022. Tim basket Yordania tidak kembali ke negaranya selepas melawan Indonesia pada laga terakhir Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2022 pada 4 Juli lalu. 

Rombongan tim basket Cina terdiri dari 30 orang, terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama berisi 25 orang tiba di Jakarta pada Rabu (6/7/2022) malam. Mereka terbang dari Australia, setelah menjalani pertandingan Kualifikasi FIBA World Cup 2022 di Melbourne. 

Baca Juga

Selanjutnya, rombongan kedua tiba pada Kamis (7/7/2022) siang. Rombongan berisi lima orang ini terbang dari Fuzhou, Cina menuju Jakarta.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Rabu (6/7/2022), Asosiasi Bola Basket Cina (CBA) menambahkan lima pemain ke daftar pemain Cina untuk FIBA Asia Cup 2022. Ini karena beberapa anggota tim asuhan pelatih kepala Du Feng yang bermain di kualifikasi FIBA World Cup 2022 di Australia terkena Covid-19.

Cina meraih dua kemenangan dan dua kekalahan dalam kualifikasi yang baru-baru ini diadakan di Melbourne, Australia, dan mengamankan tempat mereka di babak berikutnya. 

Dalam sebuah pernyataan, CBA mengatakan bahwa beberapa anggota tim telah dites positif COVID-19 selama kualifikasi. CBA segera meluncurkan rencana daruratnya dengan mengisolasi dan merawat mereka yang telah dites positif. CBA mengatur staf medis dan manajerial untuk menemani para pemain itu di Melbourne.

Anggota tim yang tersisa terbang ke Indonesia ditambah lima pemain dari long list yang sudah didaftarkan sebelumnya untuk berlaga di FIBA Asia Cup. Pemain yang tinggal di Melbourne akan menyusul ke Jakarta jika mereka pulih sebelum turnamen dimulai.

Cina akan menghadapi Korea Selatan, Bahrain dan China Taipei di babak penyisihan Grup B FIBA Asia Cup.

"Tim basket Cina telah datang dan menginap di Hotel Fairmont. Seluruh delegasi tim peserta akan tinggal di Fairmont sepanjang penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022," kata Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah.

Setelah delegasi Cina, rombongan berikutnya tiba pada Sabtu (9/7/2022), yakni Korea Selatan, Arab Saudi, dan sebagian anggota tim Australia.

Pada Ahad (10/7/2022), tiba rombongan dari Selandia Baru, Cina Taipei, Jepang, Kazakhstan, Bahrain, Filipina, Suriah, India, dan Australia. Terakhir pada Senin, 11 Juli, menyusul rombongan tim Lebanon dan Iran.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA