Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Live Piala Presiden: Arema FC Amankan Kemenangan Atas PSIS di Semifinal Pertama

Kamis 07 Jul 2022 18:05 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Arema FC Sergio Silva (kanan) saat pertandingan semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).

Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Arema FC Sergio Silva (kanan) saat pertandingan semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).

Foto: ANTARA/Aji Styawan
Arema FC mengalahkan PSIS 2-0 di Stadion Jatidiri.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arema FC berhasil menaklukkan PSIS 2-0 pada leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2022. Gol Abel Cabarra dan Gian Zola menjadi penentu kemenangan Singo Edan di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (7/7/2022).

Dalam leg pertama, babak semifinal Piala Presiden ini diterapkan sistem pemutihan bagi seluruh tim. Artinya, seluruh akumulasi kartu tidak dianggap.

Baca Juga

Hal ini membuat pelatih PSIS, Sergio Alexandre menurunkan pemain terbaiknya. Trio asing, Taisei Marukawa, Carlos Fortes dan Jonathan Cantillana diturunkan untuk menjebol gawang Arema.

Dari kubu Arema, pelatih Eduardo Almeida justru tetap melakukan rotasi. Kali ini Gian Zola ditempatkan di bangku cadangan dan mempercayakan M. Rafli dipasangkan dengan Abel Issa di posisi depan.

Jalannya pertandingan

PSIS sebagai tim tuan rumah langsung mengejutkan penonton yang hadir dengan melakukan tekanan di lini pertahanan Arema. Peluang Adam Alis masih belum menjebol gawang PSIS.

PSIS kembali membuat serangan setelah Taisei menekan lini pertahanan lawan. Menit ke-20, tendangan jarak jauh Carlos masih melambung jauh dari gawang Adilson.

Menit ke-24, wasit memberikan tendangan bebas bagi Arema. Sayangnya, umpan Rafli masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Dewangga.

PSIS terus menekan lini pertahanan Arema secara bertubi-tubi. Menit ke-34, lagi-lagi PSIS membuang peluang emas setelah sundulan Carlos masih terkena mistar gawang.

Taisei yang mencoba menekan lini pertahanan Arema kesulitan menembus hingga akhirnya diumpan ke Guntur yang masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh Adilson. Belum ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Pada babak kedua ini ritme pertandingan justru lebih lamban dibandingkan babak pertama. Menit ke-57 tendangan bebas PSIS dari Wawan gagal dieksekusi oleh sundulan Alie Sesay. 

Carlos Fortes yang ditarik keluar karena cedera justru membuat Arema FC mulai meningkatkan ritme permainan. Meski sempat mendapatkan serangan bertubi-tubi, Arema justru mengandalkan bola mati untuk menyerang PSIS.

Hasilnya pun terlihat ketika Arema mendapatkan tendangan bebas yang gagal disundul oleh Sergio namun bisa dieksekusi oleh Abel Cabarra. Arema unggul 1-0 dari PSIS pada menit ke-77. 

Sepuluh menit terakhir diisi oleh serangan bertubi-tubi PSIS yang mengejar ketertinggalan. Menit ke-84, peluang Taisei berhasil dipatahkan oleh Adilson Maringa. 

Arema justru menambah pundi gol dari serangan balik. Umpan Dendi berhasil dieksekusi dengan baik oleh Gian Zola yang membuat Arema FC unggul 2-0 atas PSIS. Wasit memberikan tambahan waktu tujuh menit 

Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 atas kemenangan Arema FC atas PSIS Semarang. Laga selanjutnya, Arema akan menjamu PSIS di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Senin (11/7/2022) mendatang. 

Daftar Susunan Pemain

PSIS Semarang: Aldhila Ray Redondo, Frendi Sasputra, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Aleandra Dewangga, Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Guntur Triaji, Wawan Febrianto, Taisei Marukawa, Carlos Fortes, dan Jonathan Cantillana.

Arema FC: Adilson Dos Santos, Bagas Adi Nugroho, Sergio Silva, Achmad Figo Ramadani, Adam Alis, Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi Febrianto, Jayus Hariono, Irsyad Maulana, M. Rafli, dan Abel Issa Camara.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA