Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

PDIP: Puan Belum Komunikasi Koalisi dengan Parpol Lain

Kamis 07 Jul 2022 16:10 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Ilustrasi. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto mengatakan bahwa Puan belum bergerak melakukan untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam penjajakan koalisi.

Ilustrasi. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto mengatakan bahwa Puan belum bergerak melakukan untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam penjajakan koalisi.

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Puan masih menampung aspirasi dari internal PDIP di daerah. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menugaskan tiga nama, yakni Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, dan Muhammad Prananda Prabowo, untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam penjajakan koalisi. Namun, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto mengatakan bahwa Puan belum bergerak melakukan hal tersebut.

"Sepengetahuan saya, Mbak (Puan) belum melakukan. Mbak lebih ketemu dulu, mendengarkan suara-suara rakyat dan mendengarkan suara PDIP dulu, keluarga besarnya dulu," ujar Bambang di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, Puan masih menampung aspirasi dari pimpinan DPD dan DPC PDIP berbagai daerah. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan sebelum melakukan komunikasi dengan partai politik lain.

"Jadi Mbak ini kan boleh dibilangkan bijak, wisdom. Dengerin dulu dong suara di bawah, baru saya akan bicara," ujar Bambang.

Meski belum menjalin komunikasi, ia memastikan bahwa PDIP akan bekerja sama dengan partai politik lain untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. "Cuma dengan siapanya saya tidak tahu, karena itu kewenangan Ibu Ketua Umum," ujar ketua Komisi III DPR itu.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto memastikan bahwa partainya akan berkoalisi pada Pilpres 2024 mendatang. Dia mengatakan, bagi PDIP berkoalisi merupakan sebuah keniscayaan.

"Kerja sama adalah suatu keniscayaan bagi PDIP yang mengusung semangat gotong royong," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Hasto mengatakan, kerja sama antarpartai politik sudah dilakukan. Namun, prioritas PDIP saat ini adalah turun ke bawah membantu rakyat.

"Supaya ketika Pemilu 2024 itu rakyat betul-betul dalam suasana keberhasilan pemerintahan Pak Jokowi, dalam suasana kehidupan yang lebih baik, sehingga Pemilu 2024 itu betul-betul sebagai ajang pesta demokrasi untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Pak Jokowi dan kita bisa mencapai kejayaan pada tahun 2045," ujar Hasto. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA